8 Keajaiban Dunia Kuno yang Wajib di Ketahui

Keajaiban Dunia Kuno yang Wajib di KetahuiPulau Komodo dan Candi Borobudur adalah tempat-tempat di Indonesia yang pernah diakui sebagai salah satu keajaiban dunia. Konsep keajaiban dunia terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Bahkan istilah keajaiban dunia ini sduah ada jauh sebelum masehi.

Kelahiran konsep bermula dari pernyataan Herodotus, seorang sejarawan Yunani Kuno yang menyatakan bahwa terdapat tujuh keajaiban yang dimiliki dunia yang harus diketahui oleh keturunannya di masa mendatang. Penetapan konsep keajauban dunia ini terjadi pada abad ke-5 sebelum masehi. Konsep keajaiban dunia ini kemunculannya benar-benar sebelum masehi dibuktikan dengan munculnya puisi tentang tujuh keajaiban dunia yang diciptakan oleh seorang sastrawan Yunani bernama Antipater Sedon pada abad ke-2 Masehi. Untuk melebarkan cakrawala pengetahuan Kamu yuk kita simak ulasan beberapa keajaiban dunia kuno berikut ini.

mercusuar-iskandaria

Advertisement

Keajaiban Dunia Kuno yang Wajib di Ketahui

  • Piramida Mesir. Piramida adalah satu-satunya keajaiban dunia Kuno yang tidak tergeser hingga hari ini. bangunan yang sudah didirikan sejak 2500 tahun sebelum masehi ini diperuntukkan untuk para penguasa Mesir yang bergeral Pharaoh atau Firaun. di dalam bangunan ini disemayamkan jasad fara Firaun serta berbagai harta peninggalannya yang dikuburkan bersama mereka. Kabarnya dibutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun hanya untuk mendirikan satu piramida saja. Kepercayaan yang tumbuh turum temurun di masyarakat Mesir bahwa kuburan Kuno ini mendatangkan kutukan bagi siapa saja yang berani membongkar, memasuki, serta mengmbil harta benda yang tersimpan di dalamnya.
  • Taman Gantung Babilonia. Bangunan yang memiliki bentuk seperti piramida Mesir ini berada di wilayah Irak. Perbedaannya tampak pada bangunan sisi miringnya yang berwujud seperti tangga yang bertingkat-tingkat. Istilah taman gantung ini muncul karena dahulunya bangunan ini dipenuhi dengan tanaman,sehingga dari kejauhan tanpak laksana taman yang digantung.
  • Patung Zeus di Olimpia. Patung berukuran dua belas meter yang dikategorikan sebagai keajaiban dunia kuno ini dipahat oleh pemahat patung tersohor pada masanya bernama Phidias. Phatung yang diciptakan tahun 432 sebelum masehi ini merupan symbol pemujaan untuk Dewa Zeus di Olympia, Yunani pada masa itu. Patung yang melukiskan Dewa Zeus yang sedang duduk di singgasananya kini telah hancur, namun belum ada yang mampu menjelaskannya atas kehancuran patung tersebut.
  • Kuil Artemis di Eufesus. Eufesus sebuah Kota yang kebeadaannya terletak di negara Turki kini sudah berganti nama, bukan eufesus lagi.  Namun di sana masih tersisa jejak-jejak peradaban masa lampau yang bisa kita saksikan sampai hari ini. Kuil Artemis adalah salah satu jejak sejarah yang pernah diakui sebagai tujuh keajaiban dunia Kuno. Kuil ini didirikan memiliki fungsi untuk tempat pemujaan terhadap Dewi Artemis. Siapakah gerangan Dewi Artemis? Ia diyakini sebagai Dewi pemburuan, penguasa alam, pelindung binatang liar. Sang adik dari Dewa Apollo. Kuil artemis dinobatkan sebagai buah prestasi termegah peradaban Yunani pada masa Helenistik. Kuil ini berdiri kokoh dengan 127 kolom marmer dengan ketinggian dua puluh meter. Bangunan yang super megah ini kini hanya menyisakan pondasi yang hancur diakibatkan beberapa peristiwa yang datang.
  • Patung Raksasa Rhodes. Patung yang memiliki pondasi berdiri terbuat dari batu marmer ini terbuat dari perunggu yang berdiri dengan ketinggian 32 meter. Yang melatar belakangi penciptaan patung raksasa ini adalah rasa hormat yang dimiliki warganya terhadap dewa matahari, Helios. Mereka meyakini bahwa Helios telah berjasa dalam membantu Rhodes menangkan serangan asal Demetrius dari Macedonia. Chares yang berasl dari wilayah Lindos adalah sosok insinyur yang memimpin pendirian patung ini. memerlukan kurun waktu 10 tahun untuk mendirikan patung raksasa agung ini. Hanya saja patut disayangkan 56 tahun kemudian, tepatnya 227 tahun sebelum masehi patung ini mengalami kehancuran karena gemoa dahsyiat yang datang menghampiri wilayah tersebut. Namun, sisa-sisa peradaban itu sampai hari ini masih dapat kita saksikan.
  • Mercusuar Alexandria di Mesir. Mercusuar yang didirikan pada masa kerajaan Ptolemaic antara tahun 280 dan 247 SM ini memiliki ketinggian 120 sampai 137 meter yang dikategorikan sebagai salah satu bangunan tertinggi yang dibuat oleh manusia secara manual. Tiga gempa bumi yang menimpanya pada tahun 956 dan 1323 Masehi menyebabkan kehancuran pada bangunan ini sehingga yang tersisa hanya tinggal reruntuhan dan ditinggalkan. Setelah Mausoleum Halicarnassus dan Piramida Giza, bangunan ini adalah bangunan keajaiban dunia Kuno yang paling lama kokoh berdiri. Pembangunan benteng Qaitbay dibangun dari puing-puing bangunan ini.
  • Valley of Love, Republik Irlandia. Keajaiban dunia kuno yang satu ini diperkirakan 3000 tahun lebih tua dari piramida Mesir. adapun pendiri lembah cinta ini adalah ras misterius yang berasal dari Republik Irlandia. Salah satu keajaiban dunia Kuno yang tersembunyi selama bertahun tahun ini mengandung nilai estetis yang luar biasa.
  • Derinkuyu, Turki. Ia adalah sebuah kota bawah tanah di Nevsehir, Kalkun, Turki. Salah satu keajaiban dunia kuno ini memiliki kedalaman hinggan 60 meter. Kota ini merupakah kota bawah tanah terbesar di  Turki yang dibangun antara 7 dan SM abad ke-8 yang memiliki peran sebagai benteng pertahanan terhadap serangan dari berbagai kelompok perampok.

Baca juga : Air Terjun Tertinggi di Indonesia Paling Indah

Demikian berbagai Keajaiban Dunia Kuno yang mungkin pebobatannya baru Kamu ketahui hari  ini. mungkin sebagian dari Kamu hanya mengetahui tembok besar China, Menara Eifel, dan Menara Piza. Namun ternyata di samping itu ada beberapa keajaiban dunia Kuno yang tak kalah megahnya yang pernah dicatat oleh sejarah sebelum berbagai keajaiban dunia yang Kamu ketahui hari ini. semoga bermanfaat.

8 Keajaiban Dunia Kuno yang Wajib di Ketahui | Ira Nurhasanah | 4.5