8 Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia

Gunung Berapi Terdahsyat di DuniaGunung keberadaannya sangat penting demi keseimbangan ala mini. Namu,letusan gunung yang mengeluarkan lahar panas dan gempa vulkanik tak jarang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi umat manusia di dunia. Jangankan gunung berapi yang berstatus aktif, gunung yang sudah lama tertidur pun bisa tiba-tiba kembali aktif, meletus, sehingga menimbulkan kerusakan dan keresahan bagi masyarakat sekitar.

Sejarah telah membukukan berbagai gunung berapi yang mengalami letusan besar dan mengerikan yang terjadi di beberapa negara. Memang, meletusnya gunung berapi adalah sebuah bencana alam, dimana sebuah bencana alam selalu saja nenubculkan korban jwa dengan kerusakan dimana-mana. Nah untuk mengetahui bagaimana dahsyatnya letusan gunung berapi, berikut ini ulasan gunung berapi terdahsyat di dunia.

index 2

Advertisement

Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia

  • Gunung Vesivius. Gunung yang satu ini merupakan salah satu gunung berapi yang berstatus aktif di kawasan Eropa. Lokasi tepatnya di Napoli, Italia. Dahsyatnya gunung ini pernag mengalami letusan sebanyak 78 kali. Adapun letusan yang super dahsyat terjadi pada tahun 78 Masehi. Dampak yang diakibatkan oleh letusan ini adalah tertimbun kota Pompeii dan Stabiae oleh abu vulkanik sedalam beberapa kali yang menyebabkan kota ini lenyap selama 1.600 tahun setelah ditemukan kembali dengan tanpa sengaja. Para arkeolog menuturkan, kurang lebuh 1000 orang menjadi korman letusan gunung berapi yang maha dahsyat ini.
  • Gunung Krakatau. Yups, tepat sekali gunung berapi terdahsyat di dunia berikutnya keberadaannya tepat di negara kita, Indonesia. siapa sih yang tidak mengenal gunung Krakatau dengan letusan super dahsyatnya. Mungkin Kamu tidak mengalami kedahyatan letusan itu, namun kedahsyatan letusan Gunung Krakatau sudah diceritakan turun menurun. Letusan ini terjadi pada tahun 1883.  Sungguh letusan ini sangat mengerikan, karena ledekannya bisa terdengar hingga jarak ribuan mil. Lebih mengerikannya material yang dikeluarkan akibat meletusnya gunung ini Sampai ke pulau-pulau kecil di Afrika Timur. Bisa Kamu bayangkan bukan bagaimana dahyat letusannya. Berdasarkan penelitian, ledakan Gunung Krakatau setara dengan 13.000 ledakan pada bom atom. Sunami besar yang menimpa Pulau Sumatera dan sekitarnya adalah bencana susulan yang diakibatkan oleh ledakan besar Krakatau ini. pasca meletus, kehadiranGunung Krakatau seperti hilang ditelan samedera, namun muncul kembali ke permukaan pada tahun 1927. Kehadirannya kini di tengah lautan lebih popular dengan nama anak Krakatau.
  • Gunung Tambora. Gunung terdahsyat berikutnya pun ada di Indonesia guys, yups Gunung Tambora namanya. gunung yang mengeluarkan letusan dahsyat pada tahun 1815 ini menyebabkan Pulau Sumbawa berada diliputi kegelapan. Tidak tanggung-tanggung dampak yang disebabkan oleh ledakan gunung berapi dahsyat di bumi ini, yakni penyakit, kelaparam, dan sunami yang menyebabkan tewasnya puluhan ribu jiwa. Sejarah mencatat akan dahsyatnya ledakan gunung berapi yang satu ini. Bahkan pansa yang ditimbulkan akibat ledakan ini menyebabkan atmosfer berlubang dan merubah iklim dunia.
  • Mauna Loa. Gunung berapi yang keberadaannya di Hawai ini merupakan gunung berapi terbesar di Dunia. Gunung ini sudah mengali letusan sebanyak 33 kali. Letusan terakhir tercatat pada tahun 1984 dan mendatangkan kerusakan yang dahsyat. Meskipun gunung ini letusannya sudah tidak dikenal lagi hingga hari ini, namun status gunung berapi yang satu ini masih aktif dan bisa mengalami letusan kapan saja.
  •  Gunung berikutnya adalah Pinatube yang meletus pada tahun 1991. Ubtubfbya terjadinya letusan gunung berapi yang satu ini sudah diprediksi, sehingga puluhan ribu jiwa dapat diselamatkan karena sudah melakukan pengungsian terlebih dahulu. Daerah sekitar gunung mengali kehancuran akibat gunung Pinatube yang berada di Pulau Luzon akibat aliran piroklastik, lahar, dan, abu. Tak bisa dibayangkan berapa ribu korban yang bergelimpang andai saja letusan gunung ini tidak terdeteksi sebelumnya.
  • St Helens. Gunung yang popular karena ledakannya yang terjadi pada tahun 1980 ini merupakan letusan gunung terdahsyat yang menyebabkan kerusakan parah dan kerugian pada Ekonomi Amerika Serikat. Dampak yang diakibatkan oleh letusan gunung ini teecatat 57 orang meninggal dunia, serta berukurannya ukuran puncak gunung dari 2950 meter menjadi 2550 meter. Lokasi letusan gunung ini kini bertransformasi menjadi Monumen Nasional Gunung Berapi.
  • Gunung Toba. Letusan gunung toba dikategorikan sebagai letusan gung berapi paling besar di dunia. Kantong magma yang dimiliki oleh gunung Toma menyebabkan letusannya dikategorikan sebagai letusan supervulcano. Letusan ya ng terjadi 73.000 tahun silam tersembut hampir mendatangkan kemusnahan pada semua makhluk yang ada di bumi. Bencana susulan yang diakibatkan oleh meletusnya gunung Toba ini adalah munculnya sunami dengan gelombang besar serta mengeluarkan 2800 kilometer kubik abu vulkanik yang menyebar ke seluruh bagian atmosfer bumi. Hal ini menyebabkan bumi diliputi kegelapan selama 6 tahun, suhu beku selama 1000 tahun, diikuti dengan cuasa dingin selama ribuan tahun. Memang tidak salah jika gunung beraoi ini menyandang gunung berapi terdahsyat di dunia.
  • Changbaishan, Volcano. Letusan gunung ini menyemburkan abu vulkanik hingga ke wilayah Jepang bagian utara.yang berjarak 750 mil. Gunung yang meletus pada era 1000 an ini menyebabkan terciptanya kaldera hampir 3 mill dengan kedalaman setengah mil di puncak gunung. Sekarang Kamu masih bisa menyaksikan kaldera itu kok. Hanya saja sekarang diisi air yang berasal dari Danau Tianchi atau Sky Lake serta menjadi obyek wisata yang popular dengan keindahan alamnya.

Baca juga : Sungai Terpanjang dan Terluas di Dunia Saat Ini

Demikian ulasan mengenai gunung berapi terdahsyat di dunia. Dengan deskripsi-deskripsi di ats Kamu sudah bisa membayangkan bagaimana dahsyatnya letusan yang dikeluarkannya bukam. Semoga bermanfaat untuk Kamu para pembaca.

8 Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia | Ira Nurhasanah | 4.5