8 Daftar Kerajaan yang Pernah Ada di Indonesia

Daftar Kerajaan yang Pernah Ada di IndonesiaKamu pasti dulu pernah belajar sejarah dong, dan pasti sudah tidak asing lagi dengan kerajaan yang pernah ada di Indonesia, baik itu beraliran Hindu, Budha, ataupun Islam.  Kerajaan yang pada mulanya diwarnai dengan kepercayaan animism dan dinamisme yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara itu bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, melainkan untuk menyebarkan berbagai kepercayaan.

Tapi masalahnya Kamu masih ingat nggak sepintas aja mengenai berbagai daftar kerajaan yang pernah ada di nusantara. Bapak proklamator Kita Bung Karno terkenal dengan slogannya JAS MERAH alias jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Maka dari itu, yuk kita flesback ingatan kita dengan sejaran bangsa kita. Berikut ini adalah daftar kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Kamu wajib menyimaknya ya.

raja

Advertisement

Daftar Kerajaan yang Pernah Ada di Indonesia

  • Kerajaan Kutai. Ini kerajaan yang paling fenomenal yang yang nyaris semua orang tahu nih kalau kerajaan yang satu ini pernah ada di Indonesia. Kerajaan yang didirikan pada tahun 400 M yang berlokasi di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur ini merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Adapun raja yang tercatat pernah memerintah di kerajaan ini meliputi: Kudungga, Asmawarman, Mulawarman.
  • Kerajaan Taruma Negara. Kerajaan yang satu ini merupakan salah satu kerajaan Hindu yang berdiri pada tahun 450 M di daerah Jawa Barat.  Purnawarman adalah salah satu raja yang memerintah di kerajaan ini. salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia ini berkasa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 M. sejarah mencatat berdasarkan peninggalan artefak yang berada di sekitar Kerajaan Taruma, mereka meyakini bahwa kerajaan Taruma Negara adakah salah satu kerajaan tertua di Indonesia beraliran Hindu Wisnu. Tidak ditemukan dalam lembar sejarah ataupun prasasti mengenai sosok pendiri kerajaan Taruma Negara. Hanya saja diketahui bahwa Raja kondang yang pernah berkuasa di kerajaan tersebut bernama Purnawarman. Penggalian Sungai Gomati dan Candrabaga (kali Bekasi) sepanjang 6112 tombak atau setara dengan 11 km adalah atas prakarsa beliau saat memerintah. Penyediaan 1000 ekor sapi kepada kaum brahmana adalah bentuk selamatan yang diadakan oleh Purnawarman atas  terselesaikannya penggalian sungai tersebut. bukti bahwa kerajaan Taruma Negara ini pernah digdaya pada zaman dahulu kala adalah dengan ditemukannya 7 prasasti dengan rincian lima di banten, satu di Jakarta, dan satu lagi di Lebak banten.
  • Kerajaan Kalingga. Kerajaan yang pernah ada di nusantara berikutnya adalah kerajaan Kalingga yang berdiri tahun 674 M di Jepara, Jawa tengah. Adapun raja yang memerintah ialah Ratu Sima. Pendeta popular dari keraan ini adalah Lhanabhadra.
  • Kerajaan Sriwijya. Kerajaan ini bercorak kerajaan Budha yang berdiri di wilayah Sumatera. Adapun raja-raja yang tercatat pernah memerintah di kerajaan ini antara lain: Sri Jayanaga Bala Putera Dewa, Sri Sangrawijayatunggawarman. Adapun tokoh agama budha yang terkenal di kerajaan ini adalah Sakyakirti. Kerajaan di nusantara mengalamami kejayaan silih berganti antara kerajaan satu dengan kerajaan lainnya. seiring berjalannya waktu kerajaan ini pun mengalami masa kehancuran atau keruntuhan.
  • Kerajaan Melayu. Kerajaan nusantara yang berikut ini berdiri nyaris bersamaan dengan Kerajaan Sriwijaya. Tepat pada tahun 692 Kerajaan ini jatuh ke tangan Kerajaan Sriwijaya.
  • Kerajaan Mataram Hindu. Kerajaan yang juga popular dengan nama Mataram Kumo ini berdiri di Jawa Tengah dengan beribukota Medang Kamulan. Adapun raja-raja yang tercatat pernah memerintah di kerajaan ini antara lain:  Sarna, Sanaya yang memiliki titel Raka Mataram. Ratu Sanjaya, Rakai Panangkaran, yang bergelar Syailendra Syailendra Sri Maharaja Dyah Pancapana Rakai Panangkaran. Mataram terpecah menjadi dua bagian pasca pemerintahannya, yakni Mataram sebagai penganut agama Budha, dan Mataram sebagai penganut agama Hindu. Jawa Tengah selatan adalah bagian dari kekuasaan Syailendra Budha, sementara Syalendra Hindu berkuasa di daerah sekitar Pegunungan Dieng. Mataram disatukan kembali pada masa pemerintahan Rakai Pikatan. Adapun raja-raja selanjutnya adalah Belitung yang bergelar Rakai Watukara, Daksa, Tulodong, Wawa, Mpu Sendok.
  • Kerajaan Kediri. Kamu pasti pasti belajar kan tentang kerajaan Kediri dan Singosari. Kerajaan Janggala yang merupakan nama lain Kerajaan Singasari diperintah oleh Raja Mapanji Garakasan. Adapun Kerajaan Kediri (Panjalu) berada dibawah kekuasaan Raja Sri Samarawijaya. Perebutan kekuasaan yang terjadi antara dua kerajaan ini terjadi cukup lama, yakni tahun 1042 -1520. Sejarah tidak menyebut-nyebut dua kerajaan ini selama kurang lebih setengah abad.
  • Kerajaan Sunda Galuh. Adapun yang menjadi ibukota dari salah satu kerajaan yang pernah ada di Indonesia ini adalah Pakuan Pajajaran atau Pakuan , atau Pajajaran. Kerajaan Sunda ini berdiri pada tahun 1030-1579 M berlokasi di wilayah barat pulau Jawa, lebih tepatnya adalah daerah Bogor sekarang. Kebiasaan di Asia Tenggara yang menyebut sebuah kerajaan dengan nama ibukotanya membuat kerajaan Sunda Galuh ini lebih dikenal dengan Kerajaan Pajajaran. Lokasi kerajaan Pajajaran pada abad ke-15 dan 16 tampak pada peta portugis dengan keberadaannya yang jelas di wilayah Bogor, Jawa Barat. Naskah Kuno Bujangga Manik adalah sebuah naskah yang memuat informasi mengenai kehidupan di Kerajaan Pajajaran pada abad tersebut. dalam naskah Kuno tersebut dideskripsikan secara detail mengenai nama-nama tempat, kebiasaan, dan kebudayaan kerajaan tersebut.

Baca juga : Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia

Daftar kerajaan yang pernah ada di Indonesi di atas semoga menambah kecintaan Kamu terhadap bangsa, bahwa bangsa ini besar dengan sejarah yang amat panjang. jadi harus tahu dong beberapa kerajaan yang pernah hadir mewarnai kanvas negara kita.

8 Daftar Kerajaan yang Pernah Ada di Indonesia | Ira Nurhasanah | 4.5