7 Peristiwa Bersejarah Islam di Bulan Ramadhan

Peristiwa Bersejarah Islam di Bulan RamadhanBulan ramadhan memang bulan yang special bagi umat islam. Kedatangannya selalu dinanti dan membawa kebahagiaan dan keindahan tersendiri bagi umat islam khususnya, karena pada bulan ini mereka akan merasakan nikmatnya berbuka setelah menahan lapar dan haus seharian, merasakan nikmatnya ibadah tarawih yang tidak boleh dilaksanakan di 11 bulan hijriyah lainnya, serta indahnya makan sahur sebagai persiapan untuk puasa di hari berikutnya. Kehadiran bulan ramadhan diyakini oleh umat muslim sebagai bulan suci yang mengandung beribu keberkahan.

Namun tahukah Kamu di balik kesucian Ramadhan ternyata ada beberapa peristiwa bersejaran islam yang terjadi pada bulan Ramadhan. Hal ini tentu menambah kebanggaan Kamu sebagai umat islam dan kecintaan Kamu terhadap Ramadhan, sehingga Kamu tidak akan menyia-nyiakan kedatangannya untuk berbuat kebajikan bukan. Berikut ini beberapa peristiwa bersejaran islam di bulan Ramadhan.

Fakta-Bulan-Ramadhan-di-Indonesia

Peristiwa Bersejarah Islam di Bulan Ramadhan

  • Pembebasan kota Mekah (Fathul  Makkah). Kamu sudah tidak asing dengan fathul makkah bukan. Kamu pernah juga dong mempelajarinya di sekolah dalam pelajaran Agama atau lebih khusus mata pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam. Nah untuk Kamu yang masih awam dengan istilah fathul makkah, fathul makkah adalah keberhasilan Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya kembali menguasai Makkah dan menghancurkan berhala-berhala di sekitarnya setelah sekian lama Nabi Muhammad meninggalkan Makkah dan berhijrah ke Madinah karena ancaman terus menerus yang digaungkan oleh kafirin quraisy. Moment kemenangan itu diawali dengan perjanjian hudaibiyyah pada tahun 628 M. Perjanjian ini adalah perjanjian yang terjadi atas kesepakatan kaum muslimin dan kaun quraisy. Hal ini terjadi ketika Nabi Muhammad saw dan para sahabat akan melakukan ibadah haji ke baitullah, namun kedetangannya dirasa mengancam oleh kaum kafir quraisy. Maka dari itu untuk mengekang kaum muslimin agar tidak datang ke Mekah dengan leluasa, kafir quraisy membuat perjanjjian sebagai bentuk pencekalan atas kedatangan Kaum muslimin ke Mekah. Tepat  di tahun 630  pada tanggal 10 Ramadan 8 H, Nabi Muhammad saw beserta 10.000 Kaum Muslimin bertolak dari Mekah. Mereka pun berhasil menguasai Mekah tepat pada bulan Ramadhan tanpa harus diwarnai dengan pertumpahan darah dan berhasil menghancurkan berhala-berhala yang memenuhi ka’bah.
  • Bulan diturunkannya Alquran sebagai kitab suci umat Islam dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya. fiam Ibnu Katsir mengatakan: “Allah SWT memuji Ramadan di antara bulan-bulan lainnya, karena Dia telah memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al-quran yang agung”. Hal ini seiring dengan firman Allah “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS Al Baqarah: 185). Dalam hadits juga telah disebutkan bahwa kitab-kitab lainnya sebelum Alquran pun diturunkan pada bulan Ramadhan. Sungguh agung dirimu wahai Ramadhan.
  • Peristiwa perang badar. Perang pertama umat islam yang dikenal dengan perang badar terjadi pada 2 Ramadhan tahun ke-2 H. Perang yang diabadikan dalam syair shalawat dan terjadi di sebuah lembah yang terletak di antara kota Mekkah dan Madinah ini mendatangkan kemenangan bagi umat Muslim. Salah satu hal yang membuat kemenangan dipetik oleh kaum Muslimin adalah adalah penguasaan wilayah strategis seperti mata air yang dikuasai oleh kaum Muslimin. Adapun tentara muslim yang terlibat dalam perang maha dahsyat ini sebanyak 313 anggota yang berkomprontasi dengan 1.000 tentara musyrikin Makkah berbekal senjata lengkap. Dalam pertempuran ini, tentara muslim berhasil memukul mundur musuh  dengan 70 tentara musyrikin terbunuh, 70 lagi ditawan, dan lainnya melarikan diri.
  • Islam memasuki Yaman. Nabi Muhammad saw mengutus Ali bin Abi Thalib untuk menyampaikan surat ke sebuah negeri yang terletak di selatan semenanjung Arab yang bernama Yaman, khususnya untuk suku hamdan. Hanya dalam satu hari penduduk tersebut memeluk Islam secara damai. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke-10 Hijriyah di bulan Ramadhan.
  • Khalin Bin Walid memporak porandakan berhala al-uzza. Nabi Muhammad saw menyucikannya Ka’bah dengan memusnahkan patung yang berada di sekelilingnya pada saat penaklukan kota Mekah. Kemudian tepat lima hari sebelum berakhirnya Ramadhan tahun ke-9 H, Rasulullah mengutus Khalid bin Walid untuk menghancurkan patung al ‘Uzza di Nakhla. . Khalid bin Walid mengeksekusi tugas tersebut dengan bergerak menuju ke Nakhla dan menghancurkan sesembahan kebanggaan Arab Zahiliyah tersebut.
  • Penyerahan kota thaif. Kota thaif pernah diwarnai dengan tinta hitan karena perlakuan penduduknya yang melempari Nabi Muhammad saw pada saat mulai menyerukan Islam di sana. Pasca fathul Makkah pun Bani Thaqif tetap bersikeras menentang Nabi saw. Nabi Muhammad dan pasukan pun bertolak ke kota thaif dan melakukan pengepungan. Pada bulan Ramadhan tahun ke-9 hijriyah bani thaqif datang angkat tangan yang ditandai dengan penyerahan kota thaif.
  • Pembebasan Andalusia (Spanyol). Siapa sangka negeri yang sekarang dikenal dengan nama Spanyol itu pernah menjadi saksi kejayaan Islam. Tepat Pada 28 Ramadan tahun ke-92 H, seorang panglima islam bernama Thariq bin Ziyad diutus Bani Umayah untuk melakukan ekspansi ke Andalusia. Pembebasan terhadap kaum muslim Di  wilayah Andalusia pun berhasil dilakukan, Islam pun berkibar di Andalusia alias Spanyol selama kurang lebih delapan abad.

Baca juga : Daftar Gunung Terbesar di Indonesia

Itulah 7 peristiwa bersejarah islam di bulam Ramadhan, semoga ini bisa sebagai media dalam menambah cakrawala keislaman Kamu khususnya, dan pengetahuan pada umumnya.

7 Peristiwa Bersejarah Islam di Bulan Ramadhan | Ira Nurhasanah | 4.5