7 Mata Air Terpanas di Dunia

Mata Air Terpanas di DuniaRefreshing adalah salah satu metode yang digunakan oleh seseorang untuk meleburkan kejenuhannya. Berbagai wahana wisata pun menjadi buruan setiap orang, salah satunya adalah wahana air. Sumber air panas yang hanya dijumpai dibeberapa tempat saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Adapun kemunculan mata air panas itu sendiri adalah dihasilkan dari air tanah yang memancar dari kerak bumi setelah mengalami pemanasan secara geothermal (panas bumi). Di daerah gunung berapi atau ketinggian biasanya adalah lokasi air panas yang bisa Kamu jumpai. Ada beberapa sumber air panas yang dimanfaatkan untuk mandi, namun ada juga beberapa sumber air panas yang sangat berbahaya karena memiliki kadar panas yang luar biasa. Kamu penasaran dong, kira-kira ada di belahan bumi mana saja ya mana air yang memiliki panas di luar biasanya tersebut. berikut ini adalah ulasan beberapa mata air terpanas di dunia yang sayang untuk Kamu lewatkan guys.

5885da928767f-inilah-tujuh-mata-air-terpanas-di-dunia-yang-jarang-diketahui_663_382

Advertisement

Mata Air Terpanas di Dunia

  • The Grand Prismatic Spring: America’s largest. Sumber mata air ketiga terbesar di dunia ini bernama the Grand Prismatic Spring yang memiliki luas 250 x 300 kaki (75 x 91 meter) dengan kedalaman 160 kaki (49 meter), serta menghasilkan 560 galon (2000 liter) bersuhu 160°F (71°C) air/menit.  Indahnya mata air terpanas yang satu ini akan Nampak saat musim semi tiba. Mata air ini akan dihiasi dengan warna merah cemerlang, hijau, dan jingga yang disebabkan oleh ganggang beserta figmnen bakteri yang bertambah besar yang berlekasi di sekitar sisi air. Adapun warna yang tampak pada air tergandung pada rasio klorofik.  Pusat genangan mata air pada the grand prismatic spring ini terasa sangat panas.
  • Mammoth Hot Springs: largest carbonate-depositing spring in the world. Mata air terpanas yang berada di Yellowstone ini terkemuka sebagai mata air terbesar dan bentuknya seperti camnpuran air soda.
  • Blood Pond Hot Spring: welcome to hell. ini dia mata air terpanas di dunia berikutnya. Ia disebut sebagai salah satu “neraka” (jigoku) di Beppu, Jepang. Ia adalah Sembilan sumber pasas alami yang lebih menggiurkan dan menakjubkan untuk disaksikan saja daripada untuk berendam. Mata air yang satu ini tampil sebagai kolam air berpigmen merah dan panas.  Berdasar perkiraan mata air ini adalah mata air yang paling fitigenik diantara Sembilan mata air neraka lainnya.
  • Blue Lagoon: Iceland’s geothermal spa. Mata air terpanas berikutnya ini adalah wahana wisata terbesar di Eslandian yang menjadi tujuan para turis asing maupun turis domestic. Sumeber mata air tersebut bebentuk perairan yang pengap yang menunjukkan pembentukan lahar dan kolam renang yang besar yang dipanaskan dengan digenangi air memanfaatkan pembangkit tenaga listrik terdekat. Kabarnya Kamu dapat menggunakan mata air panas tersebut untuk terapi lho. Laguna BIru ini dipercaya dapat menawarkan berbagai penyakit kulit seperti penyakit psoriasis. Derajat panas dalam mata air Laguna Biru mencapai 40°C (104°F). Sumber air mineral berlokasi di Grindavík, Reykjanes Peninsula, barat-daya Eslandia. Keberadan daerah ini  terletak sekitar 24 mil (39 kilometer) dari ibu kota Reykjavík.
  • Glenwood Springs: world’s largest natural hot springs swimming pool. lenwood Springs di Colorado,Amerika Serikat adalah kolam merenang yang memiliki sumber mata air berasal dari pegunungan yang memiliki laju aliran sebanyak 143 liter/detik.  Anda bisa menikmati genangan air panas yang bercampur mineral yang asin tersebut untuk sekedar seru-seruan ataupun terapi dengan suhu 104°F (40°C), ataupun berenang di kolam yang super besar dalam suhu 98°F (36°C).
  • Jigokudani Hot Springs: home to the japanese Snow Monkeys. Jigokudani Hot Springs di Nagano Prefecture adalah sumber air panas yang memiliki nama di Jepang. Mata air panas ini dikenal dengan “snow monkey” atau kera liar karena kera-kera yang berkeliaran mengelilingi pinggiran air panas tersebut. Jadi jika Kamu mengunjungi mata air panas di Jepang yang satu ini, maka Kamu akan berjumpa dengan kera-kera liar juga guys. Lebih dari 100 Macaques (kera asli Jepang) yang berhabitat di Jigokudani Monkey Park, yang berlokasi di “Hell Valley” (Lembah Neraka).
  • Deildartunguhver: highest flow hot spring in Europe. mata air panas yang berlokasi di Reykholtsdalur, Eslandia ini mempunyai kekhasan laju air yang sangat tinggi untuk sumber air panas (180 liter/detik) dan bersuhu 97 °C, sehingga sumber air ini dikategorikan sebagai aliran sumber air tertinggi di Eropa. Sebagian dari air ini dimanfaatkan untuk memanaskan, pipa berukuran 34 kilometer disambungkan ke Borgarnes sedangkan 64 kilometer lainnya disambungkan kepada Akranes.

Baca juga : Air Terjun Terindah di Dunia dengan Pemandangan Indah

Demikian guys ulasan singkat mengenai mata air terpanas di dunia. Ternyata bukan hanya di Indonesia ya guys yang memiliki wahana wisata berupa pemandian air panas. Di luar negeri pun banyak dijumpai yang demikian, bahkan dikategorikan sebagai mata air terpanas di dunia. Jadi dari wahana-wahana di atas ada yang hanya bisa dinikmati keindahannya saja karena kadar panas yang tinggi yang dimilikinya; sepertinya halnya pemandian air panas yang biasa Kamu jumpai di Indonesia, beberapa mata air terpanas di dunia di atas juga ada lho yang bisa digunakan untuk mandi, terapi, dan berenang. Berlum lagi berbagai jenis keindahan yang menyertainya. Jadi, gak heran deh kenapa wahana air, khususnya air panas menjadi wahana favorit wisatawan. Memang seru sih ya bermain-main dengan air di sela-sela kepenatan hidup. semoga bermanfaat untuk Kamu.

7 Mata Air Terpanas di Dunia | Ira Nurhasanah | 4.5