7 Hewan Laut Terbesar di Dunia yang Menakjubkan

Hewan Laut Terbesar di Dunia yang Menakjubkan – Kehidupan di dasar laut memang jarang bahan sedikit sekali yang mau untuk “mengungkapnya”. Masyarakat dunia pada umumnya mengetahui hewan laut tersebut dari sebuah televisi, gambar, ataupun cerita. Binatang yang diekspos pun terlihat binatanag kecil yang lucu serta indah. Namun ada pula binatang laut yang memang besar seperti ikan hiu. Tetapi dibalik itu semua kehidupan di laut ternyata masih menyimpan “misteri”. Sebuah fakta dimana di bawah kehidupan laut tersebut ada hewan laut terbesar di dunia selain Hiu. Penasaran hewan apa saja yang dimaksud dan bagaimana cirinya? Mari simak bersama ulasannya di bawah ini !

Hewan Laut Terbesar di Dunia

  1. Cumi-Cumi Raksasa (Giant Squid)

Cumi-cumi pada umumnya dikenal memiliki ukuran tubuh yang kecil. Namun, ternyata setelah diteliti dan digali lebih dalam ke dasar laut sejauh 60 meter terdapat sebuah cumi-cumi raksasa yang panjangnya mencapai 39,37. Cumi-cumi raksasa tersebu ditemukan oleh seorang nelayan kemudian diteliti oleh seorang peneliti lautan.

  1. Ubur-Ubur Raksasa (Mane Jellyfish)

Hewan laut terbesar selanjutnya adalah ubur-ubur atau dikenal dengan nama mane jellyfish. Ubur-ubur pun pada umumnya dikenal sebagai hewan berukuran kecil. Namun baru-baru ini ditemukan sebuah hewan uburpubur yang panjang tentakelnya mencapai 120 meter. Tak hanya tentakel, diameter kepalanya pun berukuran besar lebih dari ukuran pada umumnya.

ubur

  1. Paus Sperma

Selain ikan hiu, hewan besar lainnya adalah paus. Hanya saja paus yang dinamai paus sperma ini memiliki ukuran tubuh yang fantastis hingga mencapai 78,74 meter. Disebut dengan paus sperma karena memang bentuknya menyerupai sperma. Karena ukurannya yang tidak biasanya, peneliti dari Duke university ini berniat untuk meneliti lebih lanjut tentang keberadaan paus tersebut.

Paus-Sperma-Sperm-Whale

  1. Gurita Raksasa (Giant Octopus)

Selain cumi-cumi raksasa terdapat pula hewan besar lainnya jenis gurita raksasa atau dikenal dengan sebutan giant octopus. Dikatakan sebagai hewan raksasa karena memang memiliki panjang tubuh sebesar 32, 15 meter. Tentu saja hal ini menarik perhatian sejumlah peneliti sehingga mereka pun berencana akan mengadakan penelitian lebih dalam lagi.

  1. Paus Biru (Blue Whale)

Hewan lau terbesar berikutnya adalah masih dari jenis paus yang bernama paus biru. Berbeda dengan paus sperma, paus ini memiliki panjang yang mencapai angka 108,27 meter. Dengan panjang tersebut, paus ini bisa dibilang sebagai “raja laut” yang menguasai di kehidupan bawah laut.

  1. Ikan Hiu Paus ( Whale Shark)

Hewan ini termasuk ke dalam jenis ikan hiu dan juga paus. Karena perpaduan ikan “hebat” inilah whale shark masuk sebagai ikan terpanjang dengan memiliki ukuran 61,68 meter. Karena saking besar dan panjangnya mempengaruhi terhadap kecepatan geraknya yang cenderung sangat lambat.

  1. Ikan Pari Raksasa (Manta Ray)

Ikan ini masuk ke dalam jenis ikan pari. Ikan pari yang dikenal pada umumnya tidak memiliki ukuran yang besar. Namun, memiliki pengecualian untuk jenis ikan ini karena ukuran tubuhnya mencapai 22,96 meter. Ukuran tersebut merupakan ukuran final yang telah diteliti oleh oleh Peer J.

manta_ray2013_01

Demikianlah informasi mengenai hewan laut terbesar di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda khususnya untuk Anda pecinta dunia hewan di bawah laut.

7 Hewan Laut Terbesar di Dunia yang Menakjubkan | Sundus Afifah | 4.5