6 Tumbuhan Langka di Indonesia Yang Hampir Punah

Tumbuhan Langka di Indonesia Yang Hampir Punah – Kekayaan alam Indonesia memang sudah tak diragukan lagi. Banyak flora dan fauna yang hidup di negara kepulauan ini. Selain mempunyai Harimau Sumatra yang kini sudah termasuk salah satu hewan yang terancam punah Indonesia juga mempunyai hewan primata terkecil didunia yang hanya terdapat di Sulawesi yang juga terancam punah. Banyak hewan langka terancam punah yang hidup di Indonesia. Selain banyaknya hewan langka, tumbuh-tumbuhan langka juga banyak yang berada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan langka yang ada di Indonesia.

  1. Raflesia Arnoldi

Bunga yang hidup di Taman Nasional Bengkulu ini memang sangat menkhawatirkan keberedaaannya. Karena habitat hidup dari tanaman satu ini sudah semakin berkurang karena adanya pembukaan lahan oleh manusia. Tanaman yang dapat tumbuh hingga diameter 1 meter ini mempunyai julukan bunga bangkai karena bau busuk yang dikeluarkannya untuk menarik lalat sebagai perantara penyerbukan bunga ini. Karena tumbuhan parasit jadi Raflesia Arnoldi memerlukan inang untuk media tumbuhnya.

Bunga-Rafflesia-Bengkulu

Tumbuhan Langka di Indonesia Yang Hampir Punah

  1. Bunga Bangkai Raksasa

bunga bangkai

Amorohophallus Titanium Becc adalah tumbuhan langka selanjutnya yang tentunya ada di Indonesia. Tumbuhan yang termasuk kedalam vareitas talas-talasan ini berasal dari pulau Sumatra. Tumbuhan satu ini merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Hamper sama dengan Raflesia tumbuhan ini juga mengeluarkan bau seperti bangkai untuk menarik kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.

  1. Kantong Semar

6149a-kantongsemar1

Tanaman langka selanjutnya adalah tanaman dengan jenis karnivora. Sebelum menajadi tanaman dewasa yang memiliki penutup yang bisa terbuka dan menutup ketika memangsa makanannya agar tidakdirebut oleh pemangsa lain. Sebenarnya daun penutup yang terdapat pada tanaman berusia muda tidak dapat terbuka sampai tanaman dewasa.

Advertisement
  1. Damar

damar_tree__by_ayosen-d54jk4h

Tanaman langka selanjutnya ini berasal dari ujung timur Indonesia yaitu Papua. Sebenarnya tanaman ini sangat potensial dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tapi karena alasan itulah jumlahnya semakin berkurang di PPapua. Tanaman ini dapat memiliki ketinggian hingga mencapai 60 meter dan dapat memiliki diameter hingga mencapai 2 meter.

  1. Cendana

cendana

Cendana atau Cendana Wangi ini adalah tanaman langka selanjutnya. Tanaman yang satu ini merupakan penghasil kayu cendana ataupun minyak cendana. Selain itu tanaman ini juga sering digunakan sebagai rempah-rempah, aroma terapi, bahan dupa bahkan sampai campuran untuk parfum. Cendana ini juga merupakan tanaman parasit yang memerlukan inang untuk pertumbuhannya sehingga itulah cendana ini agak sulit untuk dikembang biakkan atau dibudi dayakan. Kayu cendana terutama cendana wangi kini sangatlah langka dan harganya juga sangat mahal. Karena tanaman ini dianggap bisa digunakan sebagai obat alternatif. Minyak yang dibuat langsung dari tanaman ini juga sangat mahal apalagi ketika digunakan sebagai obat penyembuhan dengan cara Avurvera serta dapat digunakan untuk penghilang rasa cemas.

  1. Anggrek Tebu

anggrek-tebu

Anggrek sangatlah banyak di Indonesia bahkan sebagian besar jenis anggrek berasal di Indonesia. Berbeda dengan anggrek lainnya bunga anggrek yang satu ini sudah termasuk kedalam tanaman yang langka. Dalam pertumbuhannya anggrek ini dapat menyampai berat hingga 1 ton dan panjang hingga 3 meter juga diameter hingga 1,5-2cm. Hal-hal ini membuat anggrek satui ini menjadi anggrek terbesar di dunia.

Itulah tadi beberapa jenis tanaman langka yang berada di Indonesia. Alangkah baiknya apabila kita selaku bangsa Indonesia untuk menjaga dan melestarikan alam yang ada di Indonesia.

Incoming search terms:

  • pohon ayos
  • gambar bunga langka dari pulau sumatra
  • tumbuhan langka di sumatra
  • tumbuhan langka yang hampir punah
6 Tumbuhan Langka di Indonesia Yang Hampir Punah | Hamdani Supiyan | 4.5