Inilah 6 Pesawat Tempur Tercanggih Milik AS

Inilah 6 Pesawat Tempur Tercanggih Milik AS – Pesawat tempur adalah pesawat yang di rancang untuk menyerang pesawat musuh di udara. Pesewat tempur ini berukuran kecil, cepat dan lincah. Pesewat tempur pertama kali mengudara pada perang dunia I. Bentuk awalnya cukup sederhana berupa pesawat sayap ganda kayu yang diberi senapan mesin ringan. Kini pesawat tempur mulai berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Pesawat tempur sekarang dibuat jauh lebih canggih dari sebelum – sebelumnya dan mulai diperlengkapi dengan teknologi – teknologi canggih. Amerika Serikat merupakan negara yang banyak memiliki jenis pesawat tempur tercanggih. Berikut adalah pesawat tempur tercanggih abad ini

  1. Pesawat Tempur B-2 Spirit

Pesawat ini dijuluki sebagai pesawat siluman karena kemampuannya yang tidak terdeteksi oleh berbagai jenis radar. Pesawat ini adalah milik angakatan perang udara Amerika Serikat. Pesawat yeng terbuat dari bahan thermoplastic ini berteknologi stealth yang digunakan untuk pengeboman.

Pertama kali dikenalkan pada tahun 1988 sedangkan terbang perdananya pada tahun 1989 dengan status masih aktif hingga saat ini. Misi pertama pesawat ini dilakukan pada tahun 1993. Kelemahan pesawat ini tidak bisa terbang cepat dan mudah untuk di serang atau dimusnahkan bila terlihat. Oleh karena itu pesawat ini diberi lapisan penyerap radar baru. Bahan baru itu merupakan bahan alternatif frekuensi tinggi (AHFM) yang pengaplikasiaannya dilakukan oleh 4 vrobot yang dikendalikan secara independen.

Pesawat tempur ini digunakan untuk menghancurkan basis atau pangkalan perang militer musuh tanpa terlihat radar. Mempunyai kemampuan untuk terbang ke titik manapun di dunia. Selain itu pesawat ini juga mampu menyerang smeua target dari ketinggian 50.000 kaki dengan jangkaun lebih dari 6.000nm tanpa mengisi bahan bakar.

Pesawat Tempur B-2 Spirit

Pesawat Tempur Tercanggih

  1. Pesawat Tempur F-22 Raptor

Pesawat berikutnya juga memiliki kemampuan menghindari radar musuh. Awalnya pesawat ini dibuat untuk menjadi pesawat tempur superioritas udara tetapi kemudian pesawat ini dilengkapi oleh peralatan serangan darat, peperangan elektronik dan sinyal intelijen.

F-22 Raptor

F-22 Raptor merupakan salah satu pesawat tempur AS yang memiliki masa pengembangan yang panjang dengan nama yang berbeda hingga akhirnya diberi nama F-22A ketika mulai resmi digunakan pada tahun 2005.

Advertisement
  1. Pesawat Tempur E-2D Advanced Hawkeye

Pesawat Tempur E-2D Advanced Hawkeye

Pertama kali mengudara pada tahun 2007 tapi sekarang sudah mmepunyai banyak pengembangan. Pesawat ini merupakan pesawat pengintai yang mempunyai radar canggih. Kemmapuan pantuannya mencapai 300%. Pesawat ini memiliki Radar APY-9 yang mampu membuatnya mendeteksi jet tempur siluman, seperti milik Rusia Sukhoi PAK-FA.

  1. Pesawat Tempur F-35 Lightning II

Pesawat Tempur F-35 Lightning II

Pesawat tempur ini merupakan hasil pengembangan dari pesawat terdahulu yaitu X-35. Pesawat Tempur F-35 Lightning II adalah pesawat tempur supersonik dengan satu kursi dan bermesin tunggal. Fungsi pesawat ini adalah pertempuran udara ke udara, dukungan udara jarak dekat dan pengeboman taktis. Pesawat ini diproduksi oleh industri kerdigantaran yang dipimpin oleh Lockheed Martin dan dibantu dua rekannya BAE Systems dan Northrop Grumman. Demonstrasi pertama kali di tahun 2000 dan versi produksi baru terbang pada tahun 2006.

  1. Pesawat Tempur EA-18G Growler

Pesawat Tempur EA-18G Growler

Pertama kali diproduksi pada tahun 2007 tapi memulai pelayanan pada tahun 2009. Pesawat tempur ini merupakan versi baru dari FA-18 Hornet. Dibuat untuk menggantikan Northrop Grumman EA-6B Prowlers dalam pelayanan dengan Angkatan Laut Amerika Serikat. Merupakan jenis pesawat temput elektronik yang memiliki kemampuan dalam menganggu komunikasi pesawat musuh.

  1. Pesawat Tempur F/A-18 Hornet

FA 18 Hornet

Yang terakhir ada Pesawat Tempur F/A-18 Hornet dibuat oleh McDonnell. Merupakan jenis pesawat tempur supersonik serbaganuna yang di kendalikan oleh kapal induk. Dirancang untuk dapat menyerang musuh diudara dan juga darat. Fungsinya sebagai pesawat tempur pengawal, pertahanan udara, perusak pertahanan udara musuh, pesawat serang anti geriliya, dan pesawat intai. Pesawat ini juga digunakan oleh negara lain seperti Kanada, Spanyol, Australia, Kuwait, Filandia, dan Malaysia.

Incoming search terms:

  • jenis jenis pesawat tempur amerika
  • Pesawat tempur Amerika
  • jenis pesawat tempur
  • jenis jenis pesawat tempur
  • pesawat tempur tercanggih
  • pesawat tempur amerika serikat
  • jenis pesawat tempur amerika
  • pesawat tempur tercanggih amerika
  • pesawat tempur terbaru amerika serikat
  • pesawat tempur amerika tercanggih
Inilah 6 Pesawat Tempur Tercanggih Milik AS | Riris Rukma | 4.5