6 Gunung Tertinggi di Jawa Berdasarkan Ketinggiannya

Gunung Tertinggi di Jawa Berdasarkan Ketinggiannya – Indonesia adalah negara yang kaya kan beraneka ragam hayati dan juga hewani. Tak heran setia darahnya memiliki ciri khas alam masing-masing yang menopang kehidupan. Seperti yang ada di Pulau Jawa daerah tersebut dikelilingi oleh gunung-gunung yang menjulang tinggi serta indah. Gunung-gunung tersebut tak hanya terkenal di Indonesia tapi juga sudah mendunia. Tak heran banyak pecinta alam lokal maupun internasional yang bermunculan untuk mendaki gunung-gunung di jawa yang konong memang memiliki ketinggiannya yang tidak biasanya. Lalu,  mana sajakah yang termasuk pada gunung tertinggi di jawa? Ini dia jawabannya!

Gunung Tertinggi di Jawa

  1. Gunung Merbabu

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 di atas permukaan laut. Berada di wilayah Kabupaten Magelang dekat Kabupaten Boyolali. Gunung ini termasuk gunung yang aktif, terbukti pada tahun 1560 dan 1797 pernah meletus dan lava =nya membuat wilayah sekitar menjadi asri.

gunung-merbabu-jejak-mata-backpacker-005

  1. Gunung Sindoro

Nama asli gunung ini adalah Sindara tetapi dikenal dengan sebutan Sindoro. Tinggi dari gunung ini adalah mencapai 3.150 meter di atas permukaan laut. Gunung ini pun termasuk gunung yang aktif. Walaupun begitu, gunung yang berdampingan dengan gunung sumbing ini menyimpan keindahan yang menarik bagi pecinta dan penikmat alam.

Gunung ini berada di daerah Jawa Tengah tepatnya berada di Temanggung. Yang khas dari gunung ini adalah memiliki kawah serta jurang yang berada di sisi barat laut menghadapa ke selatan gunung.

Advertisement
  1. Gunung Lawu

Gunung berikutnya adalah gunung lawi yang memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut. Gunung ini termasuk gunung aktif hanya saja memang sudah lama “tak menggeliat”. Terakhir kali menumpahkan kavanya pada tahun 1885. Posisi dari gunung ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan juga Jawa Timur.

Uniknya dari gunung ini adalah memiliki tiga puncak, yaitu Hargo Dumilah, Hargo Dumiling, dan juga Puncak Hargo Dalem. Selain pemandangan alam, di area gunung ini terdapat sebuh candi yang bernama Candi Sukuh dan juga Candi Cetho.

  1. Gunung Arjuno

Gunung berikutnya adalah gunung arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter dari permukaan laut. Gunung ini cukup terawat karena dikelola oleh Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung ini berada di wilayah Jawa Timur yang terkenal setelah gunung semeru.

Gunung yang terinspirasi namanya dari kisah Mahabrata ini memiliki daya tarik lain seperti air terjun Kakek Bodo. Selain itu terdapat pula mata air sungai Branta yang berada di lereng gunung tersebut.

  1. Gunung Slamet

Gunung tertinggi berikutnya adalah gunung slamet yang memiliki ketinggian skitar 3.28 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di kawasan Kabupaten Brebes, Tegal, Banyumas, danjuga Pemalang. Gunung ini termasuk gunung favorit bagi para pecinta alam. Dikenal karena memiliki medan yang cukup terjal serta sulit dan juga memiliki kawasan wisata yang indah dan menarik.

  1. Gunung Semeru

Ini dia gunung yang terkenal di Indonesia sekaligus gunung tertinggi di pulau Jawa. Tingginya mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Puncaknya yang terkenal adalah mahameru yang memang masih berstatus sebagai gunung berapi yang aktif. Gunung berada di kabupaten Malng dan juga masuk ke dalam penggelolaan Taman Nasional Bromo.

Gunung Semeru 3

Itulah informasi mengenai gunung tertinggi di jawa. Bagaimana sudahkah Anda mendakai gunung-gunung tersebut? Semoga infromasi ini bermanfaat untuk Anda.

6 Gunung Tertinggi di Jawa Berdasarkan Ketinggiannya | Sundus Afifah | 4.5