6 Aktor Film Kungfu Terbaik di Dunia

Aktor Film Kungfu Terbaik di DuniaKungfu adalah salah satu genre film yang digemari oleh khalayak luas baik di Asia maupun Eropa. Hal ini karena dalam film kungfu selalu ditampilkan bagaimana kelihaian sang tokoh dalam membela diri, baik itu ditampilkan oleh actor murni ataupun hanya stuntman. Karena acting bela dirinya yang ditunjukkan mampu memikat penonton, banyak actor yang mendadak melejit setelah film kungfu yang dimainkannya.

Aktor kungfu memang tak terhitung jumlahnya. Nah, tapi Kamu tahu gak siapa saja yang termasuk actor film kungfu terbaik di dunia? Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa actor film kungfu terbaik di dunia.

Donnie_Yen_Ip_Man_movie

Aktor Film Kungfu Terbaik di Dunia

  • Leung Kar Yan. ia adalah salah satu actor kungfu yang menyandang predikat terbaik di dunia. Uniknya ia yang merupakan actor sekaligus sutradara dari film laga kungfu Hongkong ini tidak pernah mempelajari kungfu secara formal.  Leung Kar Yan mempelajari Kungfu secra otodidak. Hanya dengan memperhatikan piñata laga, ia sudah dapat menduplikatnya dengan tanpa cacat. Dari kejeniusannya menguasai kungfu tidak heran bukan ia dinobatkan sebagai actor film kungfu terbaik di dunia. Ia mengawali karir hanya sebagai cameo di film kungfu saja. namanya mulai diperhitungkan saat ia bermain film yang disutradarai oleh Sammo Hung di tahun 1978 . penampilannya di film Warriors Two (1978) sebagai Mr. Tsang (Master Wing Chung di dunia nyata) merupakan penampilan terbaiknya.
  • Lo Mang. Ia yang merupakan aktir film laga veteran ini banyak bermian di film yang diprosuksi oleh Shaw Brothers pada tahun 70-an hingga 90-an. Ia merupakan sosok yang paling fenomenal di Venom Club sebagai Venom Mob. Film yang dibintangi yang paling popular adalah Five Deadly Venoms dan Kid with The Golden Arm. Lo mang meruapakan aktor bela diri yang memiliki keahlian dalam bela diri juga. selain itu ia juga merupakan seolah pelatih Tai Che Tuan. Sekarang Kamu pun masih bisa menyaksikan aktor film kungfu terbaik di dunia ini wara-wiri di industry tv Hongkong. Beberapa kali ia terlibat dalam fill sebagai aktor memerankan tipe komedi. Ia memang sangat produktif, Lo Mang pun aktif sebagai koreografi laga dalam berbagai produksi.
  • Donnie Yen. Tidak salah lagi predikat aktor kungfu terbaik di dunia disandang olehnya. Kelihaiannya dalam bela diri silit memang udah Nampak sejak ia masih belia. Ia sudah mampu menjungkalkan Dojo Taekwondo yang bersabuk hitam di usianya yang baru menginjak 14 tahun.  Juara Wu Shu tahunan Amerika Serikat diselempangkan kepadanya saat ia baru menginjak usia 19 tahun. Butuh 20 tahun lebih ia berkutat di Hongkong, Hollywood sebelum bisa menghasilkan karya yang membanggakan yang bermakna mendalam yakni film Ip Man. Ia tidak pernah berhenti untuk berkreasi. Kemahiran bela dirinya terus berkembang dari waktu ke waktu. ia terus mempelajari berbagai aliran bela diri, salah satunya adalah tarung bebas ala MMA ataupun Jiujitsu.  Bila Kamu perhatikan gerakan-gerakan bela dirinya dalam film Sa Po Lang, Flash Point, atau Ip Man, maka berbagai aksi bela diri yang fresh tersaji di ketiga film tersebut. tidak heran, di saat aktor kungfu yang lain mulai tenggelam, justru sebaliknya ia dan kariernya terus meroket.
  • Gordon Liu. Bagi Kamu yang dulu pengikut setia film Sun Go Kong pasti sudah merasa gak asing dengan aktor film kungfu terbaik yang satu ini. perannya sebagai Gu Mo Ong seorang siluman kerbau yang berwatak mata keranjang, namun di belakang itu semua ia adalah sosok  aktor bela diri yang super tangguh. Di eranya dulu peran dia sebagai biksu shaolin sungguh memukau. Karakter inilah yang sangat melekat dirinya di film Shaw Brothers di tahun 80-an. Sosok Gordon yang popular di Hollywood kini membintangi film Kill Bill.
  • Hwang Jang Lee. Ia adalah sosok aktor laga hongkong yang mengalir darah Korea dalam dirinya. mungkin saatnya disebutkan namanya banyak dari Kamu yang tidak mengenalnya, hanya saja saat Kamu melihat sosoknya kamu akan segera mengingatnya sebagai Silver Fox, salah satu peran  antagonis yang diperankannya, atau Thunderfoot , sosok musuh Jackie Chan dalam Drunken Master. Ya, ia memang popular sebagai sosok pemeran antagonis, namun aksi bela diri yang dipertontonkannya tak jarang mengundak decak kagum dari penonton. Ia bisa dikatakan sebagai aktor bela diri pertama kali yang memperagakan dua tendangan kaki dalam satu lompatan yang sekarang sudah lazim diperagakan. Ia juga menemukan beberapa herakan akrobatik yang pada saat itu oleh orang lain tidak terpikirkan sama sekali. Selendang aktor kungfu terbaik di dunia memang pantas disandang olehnya.
  • Yuen Biao. Ia memang sosok yang memiliki keahlian khusus dalam kungfu. Sosok yang luar biasa ini telah memainkan lebih dari 80 film kungfu sebagai aktor, stuntman dan koreografi aksi laga. Dengan saudaranya yang lulus dari Sekolah Opera Peking, Sammo Hung dan Jackie Chan, ia merupakan salah satu  dari anggota Seven Little Fortunes. Dia memulai karir di tahun 1970-an sebagai stuntman dan peran pembantu. Berkat relasi baiknya dengan Sammo Hung dan Jackie Chan, di akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an ia mulai muncul  sebagai aktor.

Baca juga : Film Horor Paling Menyeramkan di Dunia

Demikian ulasan singkat mengenai aktor film kungfu terbaik di dunia. Predikat tersebut memang pantas disandang mereka karean kerja keras, bakat, dan performa yang mampu mengundang kekagumana bagi pecinta film kungfu yang menyaksikannya.

6 Aktor Film Kungfu Terbaik di Dunia | Ira Nurhasanah | 4.5