5 Universitas Tertua di Dunia yang Populer

Universitas Tertua di Dunia yang Populer – Universitas adalah sebuah jenjang pendidikan tertinggi dalam dunia pendidikan. Ada yang menganggap bangku kuliah itu penting ada pula yang biasa-biasa saja sehingga memilih untuk bekerja. Ada pula yang memang menganggap dan ingin memberikan pendidikan terbaik lewat universitas yang nantinya akan ditempati. Untuk memilih universitas sendiri bisa dianggap dikatakan susah dan gampang karena tergantung jurusan pendidikan mana yang akan ditempuh. Bisa itu universita negeri, swasta ataupun sekolah milik pemerintah. Namun, ada satu cara untuk bisa melihat kualitas universitas tersebut dari umurnya. Konon katanya semakin tua universitas tersebut akan semakin baik dan juga terintegrasi. Lalu, mana sajakah yang termasuk ke dalam universitas tertua di dunia? Berikut ulasannya!

Universitas Tertua di Dunia yang Populer

  1. Universitas Al-Azhar

Mendengar kata universitas Al-Azhar pastinya Anda akan teringat akan negara Mesir. Ya, tentu saja karena universitas ini berada di negara tersebut. Universitas ini bisa dikatakan sebagai universitas tertua di dunia karena sudah ada sejak tahun 970-972 M. Di universitas banyak lahir ulama dunia maupun Indonesia dengan berbagai macam displin ilmu yang diembannya. Sebelum resmi menjadi universitas, tempat ini pun pernah dijadikan sebagai tempat belajar Al-Quran, belaajr bahasa arab, dan pembelajara keIslaman lainnya.universitas-al-azhar-kairo-_130604115947-190

Advertisement

 

  1. Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas tertua berikutnya adalah universitas Al-Qarawiyyin yang berada di Fes Maroko. Universitas rupanya universitas paling tertua di dunia setelah Al-Azhar karena dibangun pada tahun 859. Dari universitas ini banyak lahir ulam-ulama terknal yang juga memiliki ilmu dinia serta agama yang mumpuni dalam setiap bidangnya.

  1. Universitas Oxford

Siapa yang tak mengenal universitas bergengsi yang ada di Inggris ini. Dan siapa pula yang menyangka universitas keren ini termasuk ke dalam universitas tertua dunia. Ya, universitas oxford ini dibangun pada tahun 1096 saat raja Henry II masih berkuasa. Lulusan dari universitas ini sudah banyak yang menjadi ilmuwan maupun menjadi seniman terkemuka di dunia sesuai dengan bidangnya.

  1. Universitas Cambridge

Selain oxford, di Inggris pun terdapat universitas tertua di dunia lainnya yang bernama Cambridge. Universitas ini didirikan paa tahun 1209 oleh beberapa alumni Oxford. Dinilai sebagai universitas tertua karena memiliki bangunan yang bersejarah dan juga klasih serta menarik. Saat ini tak hanya dari Inggris saja yang berebut untuk menimba ilmu di universitas ini melainkan juga dari seluruh penjuru dunia yang ingin mencicipi ilmu di universitas bergengsi.

cambridge

  1. Universitas Paris

Universitas Paris atau lebih dikenal dengan nama Sorbonne ini masuk ke dalam kategori universitas tertua di dunia. Bagunan tua yang klasik tersebut telah berdiri kokoh sejak tahun 1096. Selain dikenal universitas tua juga dikenal sebagai universitas yang bergengsi yang mampu menghasilkan ilmuwan yang mendunia.

Itulah 5 Universitas tertua di dunia yang perlu Anda ketahui. Sudahkah Anda berkunjung ke universitas tersebut? Semoga informasi ini bermanfaat terutama untuk Anda yang ingin menimba ilmu di universitas yang terkemuka.

5 Universitas Tertua di Dunia yang Populer | Sundus Afifah | 4.5