5 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Populer

Tanaman Pengusir Nyamuk Ampuh – Saat musim hujan tiba sudah bisa dipastikan nyamuk-nyamuk pun berdatangan “menghiasi” rumah Anda. Jika hal itu sudah terjadi tidak dipungkiri berbgai penyakit pun ditimbulkan akibat makhluk kecil ini seperti malaria, demam berdarah, zica, dan lainnya. Solusi saat ini mungkin dipasaran sudah banyak yang obat nyamuk yang beredar di pasaran, namun tetap harus diwaspadai karena di dalam obat terdapat terdapat zat kimia yang berbahaya. Jika Anda kebingungan untuk mencari solusinya berikut ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang patut Anda coba. Dan berikut pemaparannya!

Nama-nama Tanaman Pengusir Nyamuk

  1. Tanaman Akar Wangi

Tanaman akar wangi merupakan tanaman sejenis rumput-rumputan yang dapat mengeluarkan bau menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk terutama nyamuk aedes aegypti.Rumput ini tidak bisa ditanama di sebuah pot dan biasanya tumbuh liar di sekitaran rumah yang memiliki halaman cukup luas.

akar wangi

  1. Tanaman Zodia

Tanaman pengsuir nyamuk selanjutnya adalah zodia yang terdapat di pedalaman Papua. Orang-orang Papua sudah biasa memakai tanaman tersebut dengan cara memetik daun zodia dan menggosokan ke seluruh tubuh untuk terhindar dari gigitan serangga dan juga nyamuk. Tanaman itu terbukti ampuh dan terasa khasiatnya jarena memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang sangat “dibenci” serangga dan nyamuk.

Advertisement

zodia

  1. Tanaman Geranium

Tanaman geranium atau di Indonesia lebih populer dengan nama tapak dara. Bentuknya mirip dengan bunga rose mampu membuat nyamuk tak nyaman dengan tanaman ini karena terdapat kandungan geraniol dan sitronelol.

Tanaman ini sangat cocok untuk Anda taruh di dalam ruangan, jadi pastikanAnda menggunakan pot terbaik dan disimpan dekat jenedela agar angin bisa membawa kandungan zata tersebut dan menyebarkannya ke seluruh area dalam maupun luar ruanan sehingga nyamuk bisa menjauh dari rumah Anda.

  1. Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya yang dikenal berfungsi sebagai penyubur rambut memiliki fungsi lain untuk menghilangkan gatal dan gigitan dari nyamuk. Jika Anda sudah terlanjur tergigit oleh makhluk kecil tersebut segera ambil lidah buay dan belah menjadi dua dan oleskan gel yang ada dalam lidah buaya tersebut. Tunggulah dalam beberapa menit luka bekas gigitan pun akan hilang dengan sendirinya.

  1. Tanaman Lavender

Asal habitat tanaman ini berasal dari pegunungan Alpen, Swiss yang banyak orang memburunya sebagai tanaman hias. Tetapi karena dalam lavender ini terdapat kandungan linalool dan lynalil acetate bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Mungkin jika Anda sering menonton tv terdapat salah sau lotion anti nyamuk yang mengandung lavender. Nah, selain harus melakukan penyulingan pada pemakainnya cara penggunaan tanaman ini bisa dilakukan dengan cara menggosok-gosoknya langsung ke tubuh Anda. Jika sudah dioleskan nyamuk pun dengan sendirinya akan pergi karena tidak suka dengan aroma yang ditimbulkan dari levender.

lavender

 

Diantara 5 tanaman pengusir nyamuk populer di atas adakah yang sudah Anda coba atau menghiasi rumah Anda? Semoga informasi ini bermanfaat dan masalah tentang nyamuk pun bisa Anda atasi dengan baik. Selamat mencoba!

5 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Populer | Sundus Afifah | 4.5