5 Suku Indonesia Yang Hampir Punah

Suku Indonesia Yang Hampir Punah – Indonesia selain dikenal memiliki pualu yang banyak, kuliner yang khas, agama yang berbeda-berbeda, juga memiliki suku yang beraneka ragam mulai dari Sabang sampai Merauke. Sayangnya, seiring berubahnya zaman suku-suku di Indonesia ini terancam punah. Banyak faktor yang menyebabkan suku ini punah seiring dengan perkembangnya teknologi, pemerintah yang kurang memperhatikan, juga dari penduduk sukunya sendiri yang masih mau memegang tradisi leluhur. Ingin tahu suku Indonesia yang hampir punah? Berikut pemaparannya.

  1. Suku Togutil

Suku Togutil ini berada di Halmahera , Pulau Maluku. Tetaptnya para penghuni suku ini tinggal di hutan Halmahera. Suku ini dikenal hidupnya selalu berpindah-pindah dari hutan yang satu ke hutan lainnya seperti Totodogu dan Lolobata.

Sayangnya saat ini suku tersebut hampir punah dikarenakan adanya perusahaan tambang yang selalu melakukan penambangan hutan di tempat mereka tinggal. Mereka adalah “korban” dari berubahnya zaman untuk dibuat lebih modern dan canggih.

suku togutil

  1. Suku Asli Papua

Suku yang berada di Indonesia Timur ini terancam punah karena para penghuninya yang memiliki kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti minuman keras dan sex bebas, akibat dari pengaruh buruk ini banyak diantara mereka yang terkena HIV Aids dan banyak yang meninggal karena mereka minum minuman keras setiap harinya.

Adanya kasus tersebut dikarenakan memang pengetahuan mereka yang masih minim tentang sex bebas dan bahaya minuman keras yang mereka konsumsi.

suku asli papua

Suku-suku di Indonesia yang Hampir Punah

  1. Suku Mentawai

Suku Mentawai ini berada di pulau Sumatera Barat. Suku ini termasuk ke dalam suku kuno yang berada di wilayah Sumatera utara dan Barat. Awal keberadaan suku ini pun sebenarnya masih dipertanyakan karena ada sebagian peneliti yang mengatakan suku ini dari Bangsa Polinisea ada pula yang mengatakan dari Melayu tua.

Salah satu faktor suku ini hampir punah adalah dikarenakan adanya pengaruh dari orang luar sehingga menyebabkan generasi penerusnya tidak mau meneruskan tradisi dari leluhur suku Mentawai.

suku mentawai

 

  1. Suku Dalam

Suku dalam ini dalam beberapa waktu terakhir sempat melejit dan menimbulkan rasa pensaran seluruh warga Indonesia karena Presiden Indonesia Jokowi yang tengah mneyambangi mereka di Jambi.

Sama seperti suku Togutil, suku dalam ini hampir punah karena hutan yang mereka tempati harus rela tempat tinggalnya dijadikan kawasan perusahaan. Dahulu penduduk suku dalam ini sangat banyak tetapi karena tempat tinggal mereka sudah tidak aman para kepala keluarga suku dalam banyak yang pergi dari tempat aslinya mencari tempat baru yang belum terdeteksi keberadaanya.

suku dalam

  1. Suku Sakai

Masih di pulau Sumatera, suku ini berada di daerah Riau. Para penduduk suku sakai dapat bertahan hidup dengan cara suka berpindah-pindah atau kata lain dengan nomaden. Mereka lebih sering tinggal di sekitar sungai sesuai dengan namanya yaitu sakai.

Penyebab suku ini hampir punah karena hutan yang mereka tempati terdapat “harta karun” yang berlimpah sehingga para penguasa tersebut menambang hutannya dengan berlebihan sehingga mereka tersisih dari tanah kelahirannya sendiri.

suku sakai

Itulah 5 Suku Indonesia yang Hampir Punah dan Wajib Anda ketahui. Semoga kita yang sudah hidup serba canggih ini bisa lebih bijak terhadap kaum minoritas serta tidak berlebihan dalam mengeksploitasi kekayaan alam yang dimiliki negeri ini.

5 Suku Indonesia Yang Hampir Punah | Sundus Afifah | 4.5