5 Stasiun Kereta Tertua di Indonesia

Stasiun Kereta Tertua di IndonesiaSiapa sih yang tidak mengenak alat transportasi yang satu ini. ular besi yang memiliki rute dan jalan tersendiri yang disebut rel ini ternyata sudah Berjaya sejak masa penjajahan Belanda lho. Stasiun sebutan untuk nama pemberhentian kereta api terus mengalami pembangunan dari masa ke masa. Kereta api yang keberadaannya hanya berada di pulau jawa kini masih menjadi alat transfortasi favorit. Selait harganya yang relative murah, kecepatan yang dimilikinya pun menyebabkan seseorang untuk memilih kendaraan yang satu ini daripada alat transportasi lainnya. selain itu, pelayan kereta api yang terus mengali perbaikan dari waktu ke waktu membuat pengguna kereta api semakin membludak saja.

Nih Kamu pencinta kereta api, di antara sekian banyak stasiun yang ada di Indonesia, Kamu tahu tahu nggk stasiun kereta tertua di Indonesia. Pasti  mayoritas dari Kamu belum pada tahu kan. Apakah stasiun di kota Kamu merupakan salah satu stasiun kereta tertua di Indonesia. Yuk kita simak ulasan singkat stasiun kereta tertua di Indonesia berikut ini.

stasiun

Stasiun Kereta Tertua di Indonesia

  • Stasiun Semarang Gudang/ Tambak Sari (1864).Ini dia salah stasiun kereta tertua di Indonesia. stasiun kereta yang dibangun ibukota Jawa Tengah, 16 Juni 1864 ini diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele.  Tempat yang dutunjuk oleh pemerintahan Belanda untuk pengoperasian rute ini adalah Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang hari ini popular dengan Gedung Lawang Sewu. Tepat pada 10 Agustus 1867, sebuat kereta melaju kencang untuk pertama kalinya di tahun ini.
  • Stasiun Semarang Tawang (1868).Masih di kota Semarang nih guys stasiun kereta tertua di Indonesia berikutnya. Stasiun yang satu ini merupakan stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara, tempat pemberhentian kereta eksekutif dan bisnis. Adapun untuk kereta api berlebel ekonomi hanya numpang lewat saja di stasiun ini. stasiun yang satu ini merupakan stasiun besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang. Stasiun ini gunting vita pada tanggal 19 Juli 1868 untuk rute Semarang Tawang ke Tanggung.pada tahun 1873 terjadi pelebaran rute ke Stasiun Solo Balapan, untuk kemudian dilanjutkan ke Stasiun Lempuyangan Yogyakarta.
  • Stasiun Lempuyangan Yogyakarta (1872). Berikutnya yang dinobatkan sebagai stasiun kereta tertua di Indonesia adalah stasiun yang berlokasi di Kota Pelajar guys. Stasiun ini berjarak 1 km ke sebelah timur dari stasiun utama Yogyakarta, yakni Stasiun Yogyakarta yang lebih popular dengan sebutan Stasiun Tugu. Stasiun yang dibangun  2  Maret 1872 memberi pelayanan kepada semua Kereta Api Ekonomi yang melintasi jalur ini. Stasiun beserta relnya yang membentang dari barat ke timur ini menjadi pembatas antara Kecamatan Gondokusuman di utara dan Danurejan di selatan.
  • Stasiun Buitenzong Bogor (1872). Stasiun yang berlokasi di Kota Hujan adalah stasiun tertua di Indonesia berikutnya.stasiun ini adalah stasiun terakhir yang dikonstruksi oleh pemerintah Belanda pada tahun 1872 untuk melayani rute  Batavia-Buitenzorg (Jakarta-Bogor) dan mulai dibuka pada 1873. Rute ini dibuka bertujuan untuk melayani penumpang Batavia-Buitenzorg (Jakarta-Bogor) yang saat itu masih memanfaatkan kereta kuda. Semakin hari semakin meledak saja jumlah penumpak yang memanfaatkan kereta api sebagai alat transportasi Bogor-Jakarta, sehingga ruang-ruang yang lebih besar pun diperlukan untuk menambah kenyamanan dan kepentingan penumpang.  Stasiun baru pun kembali dibangun pada tahun 1881. Prasasti oun berdiri di salah satu ruangan stasiun ini. prasasti yang berbahan dasar utama marmer ini dibuat sebagai bentuk penghargaan    karyawan kepada  D Marschalk yang memasuki masa pension, yang telah berjasa mengembangkan perkereapian di Pulau Jawa. Kekhasan stasiun ini terletak pada arsitekturnya yang bergaya Eropa, seperti geometric awan, serta berlantai dua, kaki-kaki singa beserta relung-relung di bagian lantai. Hingga kini Kamu bisa menyaksikan kusen pintu dan jendela di Stasiun ini masih dalam kondisi yang utuh  dan khas. Stasiun ini berdiri dengan luas 5.955 m2 yang dibangun di areal lahan seluas 43.267 m2. Adapun lokasi stasiun ini adalah di Jalan Nyi Raja Permas Kelurahan Cibogor Kecamatan Bogor Tengah.
  • Stasiun Ambarawa (1873). Stasiun kereta api tertua di Indonesia ini ini keberadaannya sudah dialih fungsikan menjadi Museum Kereta Api Ambarawa, Jaw Tengah, yang mempumyai berbagai perlengkapan kereta api yang pernah mengalami kejayaan di eranya. Salah satu kereta api uap nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen Kamu bisa menyaksikannya hari ini, karena masih difungsikan sebagai kereta api wisata. Kereta api bergerigi ini memiliki keunikan tersendiri, dan ini adalah satu satu dari tiga kereta api unik lainnya yang masih tersisa di dunia.  Adapun dua diantaranya kini berada di Negara Swiss dan India. Selain itu, di museum ini Kamu juga masih bisa menyaksikan jenis lokomotif seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) yang terletak di halaman museum.

Baca juga : Jalan Paling Berbahaya di Dunia

Nah itulah guys lima besar stasiun kereta api tertua di Indonesia. nah sekarang Kamu sudah menemukan jawabannya dong apakah stasiun di kotamu merupakah salah satu stasiun tertua di Indonesia atau bukan. Kamu juga sudah yakin dong dengan berbagai peninggalan yang ada bahwa kereta api keberadaannya memang sudah dianggap penting sejak dulu. tidak heran jika hari ini kendaraan ini menjadi transportasi favorit bagi masyarakat di pulau jawa khususnya. Namun bagaimana pun  ini tidak lepas dari para jasa para pendsahulu yang sudah memikirkan fungsi dan urgensi kereta api. Semoga bermanfaat untuk Kamu ya.

5 Stasiun Kereta Tertua di Indonesia | Ira Nurhasanah | 4.5