4 Pulau yang Menakjubkan di Dunia Bikin Kita Pengen Kesana

Pulau yang Menakjubkan di DuniaPulai yang keberadaannya di tengah lautan memang terkenal dengan keindahannya yang menakjubkan. Pulau Azores salah satu pulau paling menakjubkan di dunia. Bagaimana tidak, empat musim dalam sehari hanya bisa Kamu saksikan di pulau ini. uniknya lagi, kamu tak perlu repot-repot membawa kompor ketika Kamu ingin memasak. Yang harus Kamu lakukan adalah menggali tanah, lalu taruh panic di atasnya, maka matanglah masakan Kamu.

Lantas pulau mana lagi ya pulau yang menakjubkan du dunia berikutnya? Nah untuk tambahan referensi Kamu yangingin berlibur ke sebuah pulau, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai pulai paling menakjubkan di dunia.

Dubai%u2019s-lage-Scale-Sand-Art

Advertisement

Pulau yang Menakjubkan di Dunia

  • Tristan da Cunha: Pulau Paling Terisolir di Dunia. Pulau menakjubkan yang satu ini berlokasi di 2816 km dari Afrika Selatan serta 3360 km dari Amerika Selatan. Pulau yang menakjubkan di dunia yang satu ini memang sangat terisolir dari dunia luar. Pegunungan dan lautan yang mengelilingi pulau ini membuat pulau ini sulit untuk diakses. Karakter alam yang sulit, seperti halnya angin yang keras pun meliputi pulau ini. pulau yang berada dalam wilayah Saint Helena Inggris ini hanya diguni oleh 270 penduduk. Uniknya nih guys, semua tanah di pulau ini dikategorikan milik bersama, namun pengawasannya sangat ketat kokm agar tidak ada saling klaim hasil kerja. Peraturan yang diciptakan di pulau ini pun sangat ketat. Untuk Kamu yang bukan penghuni pulau ini tidak boleh membeli  tanah di pulau ini, Kamu juga dilarang untuk tinggal menetap di pulau. Dengan demikian dapat dikatakan penduduk pulau ini adalah penduduk asli, bukan pendatang. Penghasilan mereka selain bertani adalah diperoleh dari hasil laut. Satu-satunya alat transportasi untuk menuju pulau ini hanyalah perahu, karena di pulau ini tidal ada landasan udara, sehingga tidak memungkinkan menuju ke sana dengan menggunakan pesawat. Dilarangnya pendatang untuk tinggal di sana, menyebabkan penyakit genetic tersebar di pulau ini.
  • Gunkanjima: Kota Hantu di Temgah Laut. Kekayaan batu baru yang dimiliki pulau ini membuat kota ini dikatogorikan sebagai kota yang makmur pada tahun 1900-an. Mitsubishi Corporation merupakan pengelola batu bara di kota menjadikan Gunkanjima begitu kaya raya dan berpenduduk padat. Padahal pulau ini hanyalah memiliki luas kurang dari 1kilometer persegi.  Sepuluh apartemen didirikan di atas batu yang dimanfaatkan untuk memfasilitasi tempat tinggal para penambang, sebuah labirin yang tinggi dihubungkan dengan halaman-halaman, koridor, serta tangga. Restoran, sekolah, dan game rumah pun terdapat di sana, hanya saja semuanya dikelilingi oleh tembok pelindung. Pulau ini popular dengan “Nashi Midori Shima” yang artinya pulau tanpa warna hijau. Kota ini dikategorikan sebagai penduduk terpadat pada tahun 50-an, karena jumlah penduduknya mencapai 6000 jiwa. Namun pengerukkan yang terus menerus terhadap batu bara hingga ke dasar laut, lama kelamaan habis sehingga pulau ini pun ditutup. Pulau yang di dalamnya tidak ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan pun lama kelamaan mati. Lima puluh tahun berikutnya, pulau yang dulunya makmur dan padat penduduk itu bertranspormasi menjadi pulau-pulau hantu, apartemen-apartemen yang dulu berdiri kokoh hanya menyisakan puing-puing. Tahun 1974-2009 pulau ini dinyatakan ditutup dari kunjungan para wisatawan. Kabar mengejutkan kembali datang dari pulau ini, bahwa setelah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia Unisco, pulau ini boleh untuk kembali dikunjungi oleh para wisatawan.
  • Dubai’s Large-Scale Sand Art: Pulau Buatan Berbentuk Palem Raksasa. Dubai memang terkenal dengan kekayaannya. Pulau-pulau buatan pun dibangun di  pantai lepas Dubai. Karya luar biasa yang membuat dunia ternganga, dubai mampu menyusun pulau-pulau buatannya seperti palem raksasa. Kepulauan palem raksasa ini merupakan proyek reklamai terbesar di dunia. Selain itu kepulauan buatan terbesar di dunia pun disandang oleh pulau buatan berbentuk palem raksasa ini. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira. Menakjubkan bukan?  Perancang pulau ini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, ia memiliki tujuan untuk meningkatkan bidang pariwisata dubai. Setiap pulau berbentuk pohob palem, beratapkan sebuah sabit, berbagai fasilitas pun melengkapinya, sehingga siapa pun yang datang ke sana akan dilingkupi rasa nyaman. Palm Islands berlokasi di lepas pantai Uni Emirat Arab, Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.
  • Samosir:Pulau di dalam Pulau. Pulau menakjubkan berikutnya adalah pulau Samosir yang terletak di tengah danau Toba, yang merupakan danau terbesar di Sumatera Utara, Indonesia. untuk ukuran pulau di dalam pulau, pulau Samosir terbilang sangat luas, memungkinkan pulau ini menyandang pulau terbesar di dunia untuk kategori pulau dalam pulau. Luas pulau Samosir 630 km2 hanya sedikit lebih mini dari Luas DKI Jakarta (650 km2) atau luas Singapura 714 km2. Pulau Samosir nama lainnya adalah pulau danau di atas danau. Dua danau indah pun tersaji di pulai Samosir, yakni Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang, yang keduanya merupakan destinasi wisata. Terciptanya pulau Samosir menurut sebuah kisah adalah disebabkan oleh tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar. Karena terciptanya Danau Toba pun disebabkan oleh letusan gunung berapi yang maha dahsyat ribuan tahun silam.

Baca juga : Tempat Bulan Madu Paling Romantis di Dunia

Demikian ulasan mengenai Pulau yang menakjubkan di Dunia. Memang sangat pantas predikat tersebut disandang oleh pulau-pulau di atas karena keberadaannya di muka bumi memang sangat menakjubkan. Semoga bermanfaat untuk Kamu.

4 Pulau yang Menakjubkan di Dunia Bikin Kita Pengen Kesana | Ira Nurhasanah | 4.5