3 Masjid Paling Unik di Dunia yang Menawan

Masjid Paling Unik di Dunia yang MenawanMasjid merupakan suatu bangunan yang keberadaannya sangat penting untuk peribadatan umat islam. Rumah tuhan yang dimulyakan di kota-kota besar sering kali dibangun dalam bentuk yang mewah, megah, dan besar, karena tujuannya untuk menampung jamaah dalam jumlah yang besar juga. Walaupun kita tidak menutup mata dengan masjid-masjid di pedesaan yang dibangun dengan sangat sederhana, namun keagungannya sebagai rumah Tuhan yang agung tidak akan pernah terbantahkan.

Nih artikel ini akan membahas sisi lain dari masjid. Ternyata ditemukan beberapa masjid di dunia yang tergolong cukup unik. Dijamin deh Kamu akan ternganga bila mengetahui keunikan dari setiap masjid tersebut. penasaran dong gimana keunikannya, berikut ini adalah masjid terunik di dunia yang wajib Kamu simak guys.

ini-masjid-terindah-di-asia-tenggara-yang-jadi-kebanggaan-brunei

Masjid Paling Unik di Dunia

  • Masjid Agung yang berlokasi di Kota Djenne, Mali. Masjid pertama yang akan membuat Kamu ternganga karena keunikannya adalah Masjid Agung Djenne. Masjid agung yang terletak di Djenne, sebuah kota kecil di pusat kota Mali, Afrika Barat ini telah menarik imajinasi bangsa Eropa selama berabad-abad. Bagaimana tidak, masjid yang merupakan salah satu warisan arsitektor dunia itu dibangun hanya dengan bermodal lumpur dan kayu. Pelester lumpur membentuk sisi luar dari masjid , sedangkan kayu-kayu yang menjorok keluar dari bangunan laksana jarum-jarum, dimanfaatkan sebagai penyangga dan perancah bila masjid tersebut ada yang direnovasi. Penduduk Mali menggelar festival setiap tahunnya untuk melakukan berbagai renovasi terhadap masjid unik yang satu ini, salah satunya adalah dengan mempertebal plasternya. Masjid yang banyak digunakan untuk kepentingan ritual keagamaan umat muslim juga pernah digunakan sebagai pusat pengajaran Islam oleh bangsa Afrika pada abad ke-18. Daya tarik masjid unik itu kini semakin kuat saja, para turis dari mancanegara yang berkunjung ke Mali sangat jarang yang mau melewatkan kunjungannya terhadap masjid yang satu ini. sebagian dari mereka datang hanya untuk mengagumi keunikannya, sebagian lagi datang untuk menunaikan peribadatan di sana. Masjid Agung Djenne pula sampe hari ini masih menjadi bangunan yang penting keberadaannya di Afrika Barat. Bangunan yang saat ini berdiri dengan megah hanya bermodal lumpur dan kayu ini dibangun pada tahun 1906 dan tepat satu tahun kemudian yakni 1907, masjid ini pun selesai dibangun. Masjid unik ini, tidak hanya bangunannya yang terbuat dari bata dengan bahan baku lumpur serta terbesar di dunia, melainkan masjid yang ramah lingkungan yang tersemat kepadanya pun menjadi salah satu dari kelebihan Masjid Djenne ini. Kareana keunikan yang disandangnya, organisasi PBB, yakni UNISCO melirik masjid tersebut sehingga menjadikannya menjadi situs sejarah dunia pada tahun 1988. Tak jarang terdapat pasar dadakan yang diadakan warga Djenne di depan masjid tersebut, karena keberadaan kota Djenne kini telah menjadi pusat perdagangan hasil pertanian.
  • Masjid Jamiul Alfar Kota Kolombo, Sri Lanka. Masjid unik yang dibangun pada tahun 1908 dan selesai 1909 ini merupakan masjid tertua Sri Lanka, dan sampai hari ini masij menjadi ikon pariwisata di Kolombo. Masjid unik yang dirancang oleh Hl Saibo Lebbe ini memiliki arsitektur khas dengan ornamen dinding yang belang berwarna merah dan putih yang menghiasi bagian luar masjid. Bila diamati Kamu dapat melihat dengan jelas kok kalau warna merah lebig mendominasi. Sehingga Samman Kottu Palli, atau Rathu Palliya dari Masjid Merah pun tersemat kepada masjid unik yang satu ini. uniknya warna merah putih yang menghiasi bagian luar masjid tadi tanpak terlihat seperti kue lapis. Keunikan lainnya arsitektur yang tergambar dalam masjid tersebut menampakan kemegahan budaya islam yang dipadu dengan kemewahan bangunan kastil di Inggris. Masjid ini memang berada di komplek pertokoan, namun bangunan yang megah dengan warnanya yang mencolok membuat bangunan ini tampak terlihat berbeda dan sangat menarik untuk dipandang dan dikunjungi. Tidak berbeda dengan masjid pada umumnya yang menjadikan menara sebagai penanda, begitupun dengan masjid ini yang dibekali empat belas menari dengan dua menara berukuran sedang dan sisanya berukuran kecil. Masjid terbesar di Sri lanka ini bisa menampung mencapai lima ribu jama’ah secara bersamaan.
  • Masjid Agung di Xi’an China. Masjid unik berikutnya adalah masjid agung yang terdapat di kota Chang’an atau yang lebih dikenal dengan kota  Xi’an. Masjid tersebut sekaligus dinobatkan sebagai masjid terbesar dan tertua di kota China. Bentuk bangunan yang lebih mirip dengan kuil dibanding dengan masjid pada umumnya menjadi salah satu keunikan masjid tersebut. tepat pada tahun 1988, pemerintah setempat menobatkan masjid tersebut sebagai salah satu tempat bersejarah yang penting di China. Masjid yang berdiri pada abad ke-8 Masehi tersebut menjadi saksi penting betapa dulu agama Islam pernah berkembang di negeri China. Orang-orang mempercayai bahwa Laksamana Cheng Ho adalah pendiri masjid unik ini. Jika Kamu melihat sepintas mengenai masjid agung nan unik ini, Kamu akan melihat masjid ini laksana Kuil yang dilengkapi dengan pavilion, halama, serta pagoda. Namun jika Kamu memandangnya lebih detail maka Kamu akan yakin bahwa itu adalah sebuah masjid karena berbagai dekoratif kaligrafi Arab China yang terdapat di sana. Atap dari tumpukan genting mengkilat pun menyempurnakan kemegahan masjid ini.

Baca juga : Masjid Terapung di Dunia Paling Indah

Itulah masjid terunik di dunia yang mendatangkan decak kagum dari ribuan mata yang memandangnya. di balik keagungannya sebagai rumah Tuhan ternyata beberapa masjid punya keunikannya tersendiri.

3 Masjid Paling Unik di Dunia yang Menawan | Ira Nurhasanah | 4.5