14 Penyakit yang Disebabkan oleh Rokok

Penyakit yang Disebabkan oleh RokokKamu mungkin salah satu perokok akut, tapi Kamu pasti tahu kan berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan dari merokok. Mengenai berbagai zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok memang sudah sangat jelas dengan adanya peringatan akan bahayanya terhadap kesehatan dalam setiap bungkus rokok. Banyaknya bahan kimia sebagai pembentuk rokok meninggalkan bahaya yang sangat bagi organ tubuh manusia. Ironisnya dampak tersebut bukan hanya mengenai perokok saja, melainkan orang sekitar  yang terkena asapnya. Efek dari merokok memang tidak langsung terasa pada saat itu, paling tidak berbagai penyakit itu akan muncul setelah lima tahun Kamu menghisapnya.

Nah artikel sederhana ini mungkin saja bisa menyadarkan salah satu dari Kamu yang perokok, karena penyakit yang disebabkan oleh rokok yang akan diuraikan berikut ini begitu mengerikannya. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok.

eo

Penyakit yang Disebabkan oleh Rokok

  • Kanker paru-paru. Ini dia salah satu penyakit yang mengancam Kamu para perokok. Diakui Sembilan puluh persen penderita kanker paru-paru disebabkan oleh rokok. Hal ini memang dapat dipahami, karena secara inhalasi asap rokok akan merasuk ke dalam paru-paru. Zat-zat di dalam rokok tersebut akan member rangsangan kepada sel yang berada dalam paru-paru untuk tumbuh secara abnormal. Korban meninggal akibat terserang kanker paru yang disebabkan oleh merokok dapat dipastikan satu sampai sepuluh orang perhari untuk perekok sedang dan satu sampai lima orang untuk perokok super aktif.
  • Kanker kantung kemih. Kanker ini menimpa empat puluh persen dari perokok. Senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen lah yang terkandang pada rokok yang akan menyerang kantung kemih.
  • Kanker payudara. Ini dia penyakit super berat berikutnya yang siap menyerang para perokok. Begitu mengerikan bukan. Nih untuk perempuan yang suka merokok lebih baik berhenti deh sebelum kanker payudara menyerang Kamu. riset menunjukkan perempuan yang merokok pada usia dua puluh tahun, maka lima tahun sebelum kehamilan anak pertamanya sangat rentan terkena kanker payudara.
  • Kanker serviks. Diperkirakan tiga puluh persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh rokok. Hal ini pulalah yang menyebabkan perempuan yang merokok lebih rentan terkena virus pada organ seksualnya.
  • Kanker kerongkongan. Perlu Kamu ketahui bahwa merokok dapat merusak sel-sel DNA ¬†dan esophagus yang akan mendatangkan kanker pada kerongkongan. Kira-kira delapan puluh persen kanker esophagus dihubungkan dengan perokok.
  • Kanker pencernaan. Nih meskipun sebagian besar asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi jangan Kamu kira tiddak membahayakan organ pencernaan, karena asap rokok ppun sebagian kecil mengenai organ pencernaan pula, sehingga mendorong tumbuhnya sel kanker pada gastrointestinal (pencernaan).
  • Kanker ginjal. Penyakit mengerikan berikutnya yang mengancam Kamu para perokok adalah kanker ginjal. Ketika Kamu merokok maka asap rokok yang mengandung nikotin dan tembakau akau masuk ke dalam tubuh. Zat-zat kimia seperti karbonmonoksida dan tar yang terkandung dalam rokok ini mendatangkan perubahan pada ritme denyut jantung. Tekanan darah, dan sirkulasi pernapasan. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan menyebabkan sel-sel dalam ginjal mengalami kerusakan. Hal inilah kiranya yang dapat mengganggu fungsi ginjal dan memacu sel kanker
  • Kanker mulut. zat pembentuk rokok, yakni tembakau adalah penyebab utama yang menyebabkan kanker mulut. hal menyebabkan kemungkinan menderita kanker mulut perokok enam kali lebih besar daripada bukan perokok. Lebih bahaya lagi orang yang merokok tembakau tanpa asap, mereka beresiko lima puluh kali lipat lebih besar.
  • Kanker tenggorokan. Asap rokok yang melewati tergorokan sebelum menuju para-paru mendatangkan kanker di tenggorokan.
  • Serangan jantung. Tekanan darah dan kerja jantung perokok akan lebih cepat disebabkan oleh zat nikotin yang terkandung dalam rokok. Adapun zat lainnya seperti karbonmonoksida menyerap oksigen lebih banyak sehingga menyebabkan jantung untuk memompakan darah ke seluruh tubuh lebih banyak pula. Hal inilah yang memancing serangan jantung, jantung bekerja ekstra keras serta tekanan darah tinggi. Jadi, hati-hatilah bagi para perokok.
  • Penuakit jantung koroner. Penderita penyakit jantung koroner mayoritas disebabkan oleh rokok. Jika penderita memiliki penyakit lain seperti diabetes militus maka keadaannya akan semakin tak terkendali.
  • Aterosklerosis. Penyumbatan arteri yang biasa terjadi karena menumpukan lemak bisa terjadi karena dipupuk oleh nikotin . arterosklerosis tidak bisa dielakkan lagim karena akibat nikotin penebalan arteri akan terjadi
  • Penyakit paru obstruktif kronik., penderita penyakit ini mengalami terhalangnya aliran darah sehingga mereka mengalami kesulitan mengambil napas, dan delapan puluh persen penderita penyakit ini sudah dapat dipastikan karena merokok. Emfisema dan bronchitis siap menyerang bagi Kamu para perokok.
  • Impotensi.Nih perlu diperhatikan bagi Kamu kaum pria berusia tiga puluh hinggga empat puluh tahun, bahwa jika Kamu terus merokok maka kemungkinan Kamu untuk terkena disfungsi ereksi alias impotensi cukup besar, sejitar lima persen kemungkinan Kamu para perokok akan dihampiri penyakit mengerikan ini. penyebabkan karena nikotin bisa merusak aliran darah, karena dapat menyebabkan penyempitan pada arteri sehingga aliran dan tekanan darah ke penis akan berkurang.

Baca juga : Dampak Negatif Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Demikian berbagai penyakit yang disebabkan oleh rokok. Nah bagi Kamu para perokok saatnya sejak sekarang Kamu undur diri dari rokok, dan bagi Kamu yang tidak merokok, beruntunglah karena paling tidak Kamu akan terjauh dari berbagai penyakit yang dusebabkan oleh rokok di atas. semoga bermanfaat.

14 Penyakit yang Disebabkan oleh Rokok | Ira Nurhasanah | 4.5