14 Benda Peninggalan Kerajaan Majapahit

Benda Peninggalan Kerajaan MajapahitSiapa sih yang tidak kenal dengan kerajaan majapahit. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia dengan Hayam Wuruk sebagai raja terkenalnya dan Gajah Mada sebagai patih tiada tara. Kebesaran kerajaan Majapahit dibarengi dengan wilayah kekuasaannya yang luas, teknologinya yang canggih, dan keunggulan-keunggulan lainnya yang bisa Kamu temukan dari berbagai peninggalannya yang unik yang mungkin saja tidak Kamu temukan dalam peninggalan kerajaan lain di Indonesia.

Nah kira-kira apa saja sih benda-benda peninggalan kerajaan Majapahit yang unik? Untuk Kamu yang belum tahu berikut adalah ulasan mengenai benda-benda peninggalan Kerajaan Majapahit.

Benda Peninggalan Kerajaan Majapahit

Benda Peninggalan Kerajaan Majapahit

  • Celengan Majapahit.Celengan Majapahit adalah salah satu benda peninggalan kerajaan Majapahit yang tergolong unik. Celengan ini diketahui dimanfaatkan untuk sebagai celengan tempat penyimpanan uang logam jawa. Memang, celengan ini ditemukan dalam bentuk serpihan-serpihan. Setelah berhasil disatukan ternyata celengan tersebut membentuk hewan babi. Benda unik peninggalan kerajaan Majapahit ini ditemukan di trowulan, Jawa Timur dan dipergunakan sekitar abad 14-15. Kini celengan tersebut bisa Kamu saksikan di Museum Gajah, Jakarta, karena kini celengan Majapahit telah dijadikan salah satu koleksi di Museum tersebut.
  • Arca Emas. Ini dia peninggalan Kerajaan Majapahit selanjutnya guys. Arca emas ini adalah representasi dari bidadari kerajaan Majapahit yang digambarkan dengan sangat anggun. Arca yang merupakan cetakan emas oara atau bidadari Surgawi ini menunjukkan  bahwa zaman keemasan Majapahit merupakan zaman keemasannya nusantara.
  • Terakota Wajah.Peninggalan-peninggalannya yang luar biasa adalah cerminan dari kehadiran kerajaan Majapahit di nusantara yang luar biasa juga. terakota banyak ditemukan di wilayah keraan Majapahit, terakota yang satu ini paling fenomenal karena terakota ini dipercaya sebagai terakota yang menggambarkan wajah asli dari gajah mada.
  • Surya Majapahit.Kamu bisa menemukan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit ini di berbagai reruntuhannya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Surya Majapahit merupakan lambang dari kerajaan besar ini. lambang ini berbentuk matahari dengan memiliki sudut berjumlah delapan. Ditengahnya terdiri atas bangun lingkaran yang menampilkan dewa-dewa umat Hindu. Gambar surya majapahit membentuk diagram kosmologi yang diterangi dengan jurai matahari yang menjadi cirri khas dari kerajaan Majapahit.
  • Arca Pertapa Hindu.Arca yang menggambarkan pertapa Hindu peninggalan kerajaan Majapahit ini kini menjadi salah satu dari daftar koleksi di koleksi Museum für Indische Kunst, Berlin-Dahlem, Jerman.
  • Uang gobog Majapahit. Uang gobog yang terbuat dari tembaga ini diyakini sebagai mata uang yang dugunakan pada zaman kerajaan Majapahit dulu. Kamu bisa menemukan relief berupa gambar wayang di sisi depan uang gobog tersebut,  alat-alat persenjataan berbentuk cakra, dan pohon beringin. Sementara di sisi belakannya Kamu bisa menemukan relief pohon, peralatan berbentuk senjata dan berbentuk sesaji.
  • Arca Harihara. Arca peninggalan majapahit yang satu ini merupakan gabungan dari bentuk Siwa dan Wisnu yang merepresentasikan Raja Kertarajasa. Walaupun asal mula arca ini berada di Candi Simoing, Blitar, kini arca peninggalan majapahit tersebut telah dipindahkan ke Museum Nasional Republik Indonesia.
  • Arca Dewi Parwati. Arca dibangun sebagai perwujudan numertaTribhuwanottunggadewi. Ia adalah Ratu Majapahit yang merupakan ibunda dari raja Majapahit, Hayam Wuruk.
  • Patung Penjaga Gerbang, ini dia peninggalan kerajaan Majapahit selanjutnya. Patung penjaga gerbang diindikasikan dibangun pada abad ke-14 dan ditemukan di kuil Majapahit, Jaw Timur. Kini patung penjaga gerbang peninggalan majapahit tersebut diabadikan di Museum Of Asian Art, San-Francisco, Amerika Serikat.
  • Arca Ratu Suhita. Arca Ratu Suhita adalah benda peninggalan kerajaan Majapahit berikutnya. Arca ini menggambarkan sosok Ratu Suhita yang pernah memerintah Majapahit dari tahun 1429-1447. Salah satu arca yang ditemukan di daerah Tulungagung Jawa Timur ini kini menjadi koleksi di Museum Nasional Republik Indonesia.
  • Arca Ganesha.Salah satu arca peninggalan majapahit yang satu ini ditemukan oleh salah seorang warga nganjuk saat akan melakukan kerja bakti untuk memperbaiki pipa air di pekarang rumahnya yang dekat dengan Punden alias tempat yang dikeramatkan. Menurut Dimin, sArca itu ditemukan saat dia menggali tanah, secara tiba-tiba alat yang dia gunakan membentuk benda keras. Untuk mengobati  rasa penasarannya ia pun terus melakukan penggalian, hingga akhirnya ditemukanlah Arca yang diindikasikan sebagai peninggalan majapahit itu.
  • Arca Dewa Wisnu.Kamu bisa menemukan salah satu arca peninggalan majapahit yang terkenal ini di Museum Trowulan, Mojokerto. Arca ini dikenal sebagai raja Airlangga, digambarkan sebagai sosok Dewa Wusnu yang menaiki Garuda dari Candi Belahan.
  • Arca Minak Jinggo. Sebelah timur kolam Sagara di desa Unggah-Unggahan, Trowulan Kamu bisa menemukan candi yang kini hanya tersisa reruntuhannya saja yang terbuat dari bahan dasar batu andesit. Bahan bangunan candi yang satu  ini tidak lazom digunakan sebagai bahan candi di daerah Trowulan yang mayoritas menggunakan bahan dasar berupa batu bata merah. Di reruntuhan candi tersebut Kamu dapat menemukan Arca Garudha, namun penduduk setempat menyebutnya sebagai arca menak jinggo. Arca ini dipercaya sebagai jelmaan dari raja Blambangan.
  • Patung Hutan Baluran. Patung ini ditemukan di hutan Balutan, Situbondo, Jawa Timur pada 10 Maret 2013. Dipastikan patung ini sebagai benda purbakala. Arca ini memang cukup unik karena penemuannya di daerah majapahit sebelah Timur yang peninggalan bersejarahnya belum tersentuh sama sekali.

Baca juga : Penemuan Arkeologi Paling Mengerikan Sejagat

Demikian ulasan mengenai benda-benda peninggalan kerajaan majapahit. Kami bisa menyaksikannya dengan mengunjungi museum-museum penyimpanannya. semoga bermanfaat untuk Kamu guys.

Incoming search terms:

  • uang gobog majapahit
14 Benda Peninggalan Kerajaan Majapahit | Ira Nurhasanah | 4.5