10 Tambang Uranium Terbesar di Dunia 2017

Tambang Uranium Terbesar di Dunia 2017 – Ada banyak sekali kegunaan uranium bagi kehidupan manusia, salah satunya untuk tenaga nuklir. Nanti, hasil dari tenaga nuklir bisa digunakan sebagai energi pembangkit listrik. Selain itu bisa juga digunakan untuk bidang pertanian, pembuatan peluru, dll. Di beberapa negara terdapat 10 tambang uranium terbesar di dunia. Artikel ini akan membahasnya.

Tambang uranium terbesar di dunia sebagian besar ada di negara Kazakhstan. Tanpa perlu banyak basa-basi lagi inilah daftar 10 tambang uranium terbesar di dunia dimulai dari peringkat 10.

10 Tambang Uranium Terbesar di Dunia

Tambang Uranium Terbesar di Dunia

10. Inkai

Tambang ini terdapat di negara Kazakhstan, milik Cameco dan Kazatomptom. Deposit uranium yang ada di sini dioperasikan oleh JVI (Joint Venture Inkai). Cameco memegang bunganya sebesar 60 persen, dan sisanya oleh Kazatomptom. Sebanyak 1642 tU uranium telah diproduksi.

9. South Inkai

Ini tempatnya ada di daerah Suzak, Kazakhstan juga. Sebanyak 1701 tU tambang telah diproduksi perusahaan ini pada tahun 2010 yang lalu. Ini milik Kazatomprom juga bersama dengan Uranium One.

8. Karatau LLP

Lagi-lagi ini dia tambang uranium yang ada di Kazakhstan tepatnya di Budenovskoye. Termasuk ke dalam anak perusahaan Kazatomprom. Jumlah tambang yang telah diproduksi di sini adalah 1708 tU.

7. Olympic Dam

Tambang Uranium Olympic Dam

Tambang uranium ini terdapat di negara Australia. Tambang ini bisa juga untuk menghasilkan emas, tembaga dan perak. Telah dihasilkan uranium sebesar 2330 tU.

6. Tortkuduk

Ini ada di Kazahstan lagi, perusahaan milik Kazatomprom dan Areva. Jumlah uranium yang diproduksi telah mencapai 2439 tU.

5. Somair

Masuk ke posisi 5 besar dari jajaran 10 tambang uranium terbesar di dunia. Tambang ini letaknya ada di sebelah barat laut daerah Arlit yang ada di Nigeria. Jumlah uranium yang sudah dihasilkan dari sini ada sebanyak 3000 tU.

4. ARMZ

Tambang uranium di Rusia ini sudah berdiri 40 tahun lebih. Produksi tambang ini mencapai 2920 tU. Tambang ini terus mengalami pengembangan supaya jumlah produksinya bisa naik.

3. Rossing

Tambang yang ada di Namibia, termasuk tambang uranium paling panjang. Jumlah uranium yang dihasilkan per tahunnya sekitar 3077 tU.

2. Ranger

Tambang uranium yang ada di Australia ini dioperasikan oleh Energy Resources of Australia Ltd sejak tahun 1980. Letaknya dari Darwin ada sekitar 260 km. Jumlah uranium yang diproduksi per tahun mencapai 3216 tU.

1. Areva

Tambang ini terletak di McArthur River Kanada. Per tahunnya tambang ini menghasilkan 7654 ton uranium. Sebanyak 14 persen dari hasil di seluruh dunia diproduksi di sini. Yang mengoperasikan tambang ini adalah Cameco, mereka punya 70 persen kepemilikan. Sementara sisanya oleh Areva.

Itulah dia daftar 10 tambang uranium terbesar di dunia, dominasinya dari Kazakhstan.

Incoming search terms:

  • tambang uranium
  • negara penghasil uranium terbesar di dunia
  • tambang uranium terbesar di dunia
  • tambang uranium indonesia
  • tambang uranium di indonesia
  • tambanguraniumdiindonesia
  • tambang uranium tetbesar
  • cadangan uranium dunia
  • negara uranium
  • tambanh uranium di indonesia
10 Tambang Uranium Terbesar di Dunia 2017 | Khisma Nisa Yuniar | 4.5