10 Pulau Terbesar di Dunia, 3 Pulau Milik Indonesia

Pulau Terbesar di Dunia, 3 Pulau Milik Indonesia – Ada banyak kepulauan yang ada di dunia ini. Di Indonesia saja ada 13 ribu lebih apalagi di jika disatukan dengan pulau-pulau di dunia lainnya. Dari sekian banyaknya pulau ada sekitar 10 pulau terbesar di dunia. Dimana saja? Pulau di Indonesia ada juga tidak ya?

Apa saja 10 pulau terbesar di dunia? Langsung saja, berikut ini daftarnya yang akan diurutkan dari peringkat ke 10 sampai 1.

10 Pulau Terbesar di Dunia

Pulau Terbesar di Dunia

10. Ellesmere

Pulau yang ada di Kanada ini punya luas sebesar 196,236 meter persegi. Pulau ini termasuk salah satu miliki Inggris. Ada begitu banyak gunung di pulau ini. Ada juga salah satu jenis kayu yang hanya ada di pulau ini.

9. Victoria

Pulau Victoria

Pulau ini juga ada di Kanada, luasnya adalah 217,291 km persegi. Selain terbesar ke-9 di dunia, ini juga terbesar kedua di Kanada. Pulau ini bersebelahan dengan banyak selat.

Advertisement

8. Britania Raya

Ini adalah nama pulau yang letaknya ada di lepas pantai Eropa Barat atau Inggris. Luasnya adalah 218.595 km persegi. Pulau ini masuk dalam wilayah kekuasaan dari Kerajaan Britania Raya juga Irlandia Utara.

7. Honshu

Pulau ini ada di Jepang, sebelah selatan dari prefektur Hokkaido. Luasnya adalah 227,414 km persegi. Luasnya yang besar setara dengan 60 persen dari total keseluruhan luas Jepang.

6. Sumatera

Ini dia pulau pertama dari Indonesia yang masuk jajaran 10 pulau terbesar di dunia. Luas wilayahnya mencapai 425 km persegi. Jumlah penduduk di pulau ini ada sekitar 42 juta jiwa. Adalah pulau yang paling barat dari Indonesia.

5. Baffin

Lagi-lagi pulau ini berasal dari Kanada. Punya luas wilayah 507.451 km persegi. Meski besar tapi jumlah penduduknya sedikit sekali, yaitu hanya 11 ribu jiwa.

4. Madagaskar

Luas wilayah pulau terbesar ke-4 di dunia ini adalah 587,041 km persegi. Letaknya dekat sekali dengan Afrika tapi awalnya dekat dengan India. Makin lama letaknya makin bergeser. Keadaan pulau ini mirip di Sulawesi.

3. Kalimantan

Pulau yang juga ada di Indonesia ini punya luas wilayah 743.330 km persegi. Nama lainnya adalah Pulau Borneo.

2. Nugini

Pulau di Papua ini punya luas wilayah sebesar 890 kilometer persegi. Dulu, semuanya adalah wilayah Indonesia tapi kini terbagi dua. Di sebelah barat milik Indonesia dan timur milik negara baru, Papua Nugini.

1. Greenland

Pulau ini yang pertama terbesar di dunia, selisihnya dengan pulau kedua terbesar sangat jauh. Luas wilayah pulau ini mencapai 2,175,600 km persegi. Adalah pulau dengan divisi otonomi Denmark. Pulau ini sejak tahun 1985 tidak ada lagi dalam daftar anggota Uni Eropa.

Itu dia apa saja 10 Pulau Terbesar di Dunia. Ternyata ada tiga buah pulau di Indonesia yang masuk jajaran 10 besar tersebut.

10 Pulau Terbesar di Dunia, 3 Pulau Milik Indonesia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5