10 Negara yang Memiliki Hutan Terbesar di Dunia

Negara yang Memiliki Hutan Terbesar di Dunia – Hutan adalah paru-paru dunia, tanpanya maka kehidupan di bumi tidak akan berjalan baik. Semakin banyak hutan yang gundul akan semakin membuat alam menjadi tidak baik. Dari 152 negara, ada 10 negara yang memiliki hutan terbesar di dunia. Negara mana saja itu?

Kehidupan di bumi ini bergantung kepada hutan maka harus benar-benar dijaga. Langsung saja ini dia daftar 10 negara yang memiliki hutan terbesar di dunia, dimulai dari peringkat ke-1 sampai 10.

10 Negara yang Memiliki Hutan Terbesar di Dunia

Negara Pemilik Hutan Terbesar

1. Rusia

Luas wilayah dari hutan di negara ini adalah 8,05 juta km persegi lebih. Itu artinya 47,35 persen dari total besar negara ini. Inilah negara dengan hutan paling besar di dunia. Banyak hutan tua di negara ini yang harus dijaga dengan sangat baik.

2. Brazil

Hutan Amazon di Brazil

Luas hutan di negara ini mencapai 4,7 juta km persegi lebih. Artinya 55,37 persen dari total luas negara. Hutan Amazon adalah yang paling populer.

3. Kanada

Luas hutan negara ini adalah 3,1 juta km persegi lebih. Negara yang paling besar kedua ini punya hutan boreal yang sangat penting bagi semua aspek di Kanada. Seperti perekonomian, sejarah, kehidupan sosial, dan seninya.

4. Amerika Serikat

Negara ini bukan hanya punya gedung-gedung termegah, perusahaan tersukses, dan kota-kota metropolitannya. Namun juga hutan. Luas hutan negara ini adalah sekitar 3,03 juta km persegi lebih.

5. China

Apa yang tidak dimiliki oleh China. Semua yang “ter” dimiliki negara ini. China selalu berada dalam daftar 10 besar apa pun. Jumlah hutan yang ada di negara ini mencapai 2,05 juta km persegi lebih.

6. Australia

Luas hutan di negara mencapai 1,63 juta km persegi lebih. Artinya 21,23 persen dari total luas wilayah Australia. Uniknya, selain menjadi negara terbesar ke-6 di dunia, Australia juga pemilik hutan terbesar ke-6 di dunia. Hutan yang ada di sini ada mangrove, tropis, dan lain sebagainya.

7. Republik Demokratik Kongo

Negara ini punya hutan seluas 1,33 juta km persegi. Namun konflik sering terjadi di negara ini sehingga hutannya sering ditebang untuk kepentingan komersil.

8. Indonesia

Ternyata negara kita menempati posisi ke-8. Luas area hutan Indonesia sekitar 847 ribu km persegi lebih. Hutan di Indonesia yang dianggap sebagai paru-paru dunia mengalami penurunan luas. Tahun 1985 mempunyai 73,7 persen hutan dan sekarang menyisakan 44,4 persen saja.

9. Peru

Luas hutan negara ini mencapai 685 ribu km persegi lebih. Artinya 53,34 persen dari luas negara ini adalah hutan. Setengah wilayah negara Peru ditutupi hutan Amazon karena berbatasan dengan Brazil.

10. India

Ini dia peringkat ke-10 dalam daftar 10 negara yang memiliki hutan terbesar di dunia. Luas daerah hutan negara ini adalah 675 ribu km persegi. Banyak spesies burung terancam punah yang hidup di hutan India.

Itu dia daftar 10 negara yang punya hutan terbesar di dunia.

Incoming search terms:

  • 10 negara paru-paru dunia
10 Negara yang Memiliki Hutan Terbesar di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5