10 Negara Terkaya di Dunia Terbaru 2017

10 Negara Terkaya di Dunia Terbaru 2017 – GDP (Gross Domestic Product) atau pendapatan nasional bruto merupakan sebuah cara dalam menentukan tingkat kekayaan suatu negara pertahunnya. Untuk mengetahui kekayaan setiap negara pertahunannya beberapa organisasi keuangan internasional seperti Dana Moneter Internasional (DMI) atau International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia melakukan perhitungan GDP percapita  caranya dengan membagi tingkat pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduknya di tahun itu. Hasilnya dapat menentukan mana negara terkaya di tahun itu.

No Negara Pendapatan Per Kapita / U$
1 Qatar 140,649
2 Luxemborg 97,662
3 Singapura 82,763
4 Kuwait 73,246
5 Brunei Darussalam 71,185
6 Uni Emirat Arab 67,674
7 Norwegia 64,856
8 Swiss 57,235
9 Amerika Serikat 54,630
10 Arab Saudi 51,924

Worldatlas.com belum lama ini mengeluarkan deretan daftar negara terkaya di dunia pada Minggu (9/10/2016). Selain pendapatan yang tinggi karakteristik lain yang dijadikan patokan urutan daftar negara terkaya juga pada kestabilan ekonominya. Berikut adalah 10 negara terkaya di Dunia di mulai dari urutan teratas :

Qatar

  1. Qatar

Negara Qatar berada di posisi paling atas dalam urutan daftar negara terkaya di Dunia. Qatar merupakan negara yang terletak di semenanjung kecil di jazirah Arab yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi dan teluk Persia. Awalnya perekonomian Qatar adalah perikanan dan mutiara tapi sekarang menjadi minyak dan gas bumi. Karenanya Qatar memiliki pendaptan perkapita sebesar US$ 140,649 atau jika dikonversi ke rupiah yaitu Rp 1,87 miliar dengan jumlah penduduk lebih dari 2jt jiwa.

Luxembourg

  1. Luxemborg

Luxemborg yang nama resminya Keharyapatihan Luksemburg  merupakan salah satu negara terkecil di Eropa tapi di nobatkan oleh Wordatlas sebagai negara terkaya di Dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai US$ 97,662 atau Rp 1,29 miliar. Padahal negara ini hanya sebuah negara kecil dengan luas sekitar 2.586 kilometer persegi dengan penduduk hanya berkisar lebih dari 531 ribu. Negara Luxemborg ini di kelilingin oleh tiga negara yaitu Perancis, Jerman dan Belgia menjadikan dia selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya terbukti dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu Perancis, Jerman dan Luxemborg. Negara ini mempunyai tingkat pengangguran yang rendah. Menurut Wikipedia tingkat penggaguran di negara ini hanya 4,4%  pada juli 2015.

singapura

  1. Singapura

Kembali negara tetangga kita berhasil menempati urutan ke-3 sebagai negara terkaya di Dunia versi Wordatlas. Dengan pendapatan perkapita US$ 82,763 atau Rp 1,1 miliar. Singapura merupakan negara dengan luas wilayah kecil dengan tingkat kepadatan penduduk yang besar mirip dengan Luxemborg.

kuwait

  1. Kuwait

Negara yang berada di Timur Tengah dan berbentuk Monarki ini juga berada di deretan teratas pada daftar negara terkaya dunia. Kuwait dalam beberapa tahun terahir penduduk negeri ini mampu membangun sebuah perekonomian kuat untuk negaranya. Pendapatan per kapita negara ini yaitu sebesar US$ 73,246 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 975 juta. 95 persen disumbang dari eksplorasi minyak bumi yang sangat melimpah.

brunei darusalam

  1. Brunei Darussalam

Negara yang bertetanggaan dengan Indonesia di sebelah pantau utara pulau Kalimantan ini memiliki pemerintahan kuat. Penghasilan melimpah dari ekspor gas alam dan minyak mentah menjadikan negara ini meraih pendapatan per kapita sebesar US$ 71,185 atau jika dirupiahkan Rp 947 juta.

Uni Emirat Arab

  1. Uni Emirat Arab

Negara yang terletak di bagian Timur Tengah dengan luas 83.600 km2 dan penduduk lebih dari 9,2 juta jiwa ini menjadi negara selanjutnya yang berada di urutan atas daftar negara terkaya di dunia. Penghasilan terbesar dari sektor telekomunikasi dan pelayanan mampu menghasilkan pendapatan per kapita sebesar US$ 67,674.

nowergia

  1. Norwegia

Di urutan berikutnya di tempati oleh Norwegia. Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge adalah negara di Eropa dengan luas sekitar 385,525 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 4,9 juta. Norwegia merupakan salah satu negar di Eropa dengan tingkat kepadatan penduduk paling rendah. Pendapatan perkapita di negara ini sebesar US$64,856. Norwegia kaya akan minyak dan gas alam.

swiss

  1. Swiss

Di urutan ini ditempati oleh Swiss sebuah negara yang sebagaian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen. Swiss berbatasan dengan negara Perancis, Jerman, Austria dan Italia. Swiss memiliki empat bahasa resmi Perancis, Jerman, Italia dan Romansh.Negara yang terkenal dengan kualitas jam tangannya ini merupakan pusat perbankan dan investasi terbaik dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai US$ 57,235. Dalam bidang ekonomi Swiss juga melakukan eksport bahan kimia dan mesin industri.

Amerika Serikat

  1. Amerika Serikat

Di urutan terakhir di pegang oleh Amerika serikat dengan pendapatan perkapita sebesar USD 54,630. Negara yang berjuluk Paman Sam ini merupakan negara dengan perekonomian termaju di Dunia. Negara ini memiliki jumlah penduduk besar dan padat yaitu 310 juta jiwa lebih dengan penghasilan sumber daya alam berlimpah, infrastruktur yang maju, dan produktivitas yang tinggi.

arab saudi

  1. Arab Saudi

Di posisi ke-10, ditempati oleh negara Timur Tengah yaitu Arab Saudi. Negara ini memiliki ekonomi yang kuat dan tangguh. Sektor minyak adalah pendapatan terbesarnya. Arab Saudi mencetak pendapatan per kapita sebesar US$ 51,924.

Incoming search terms:

  • negara terkaya di dunia
  • negara terkaya
  • negara terkaya didunia
  • negara paling kaya di dunia
  • negara paling kaya
  • negara terkaya di dunia 2016
  • 10 negara terkaya di dunia
  • negara terkaya dunia
  • negara terkaya di dunia 2017
  • qatar negara terkaya di dunia
10 Negara Terkaya di Dunia Terbaru 2017 | Riris Rukma | 4.5