10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia – Minyak bumi adalah sumber daya alam yang sangat berguna. Semua kendaraan membutuhkan bahan bakar dari minyak bumi ini seperti pertamax, premium, solar, minyak tanah, dan lain sebagainya. Ada begitu banyak negara yang mampu menghasilkan minyak dalam jumlah besar per harinya, dari semua itu ada 10 negara penghasil minyak terbesar di dunia. Dimana saja?

Oleh karena minyak bumi sangat diperlukan maka negara yang banyak menghasilkannya biasanya menjadi negara yang kaya. Oleh karena keuntungan penjualannya bisa untuk pembangunan negara. Langsung saja ini dia 10 negara penghasil minyak terbesar di dunia mulai dari peringkat 10 sampai 1.

10 Negara Paling Banyak Menghasilkan Minyak

10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia

10. Kuwait

Negara yang termasuk anggota OPEC ini berada di Timur Tengah. Jumlah produksi per harinya mencapai 2,81 juta barel.

9. Meksiko

Meski bukan anggota OPEC atau organisasi negara penghasil minyak bumi tapi nyatanya negara ini per harinya memproduksi 2.91 juta barel.

8. Irak

Kilang Minyak di Irak

Advertisement

Ternyata negara di Timur Tengah ini juga masuk peringkat 10 besar. Jumlah produksi minyak buminya per hari adalah sekitar 3,06 juta barel.

7. Iran

Tetangga dari Irak ini juga masuk dalam anggota OPEC. Per harinya negara ini mampu memproduksi 3,19 juta barel.

6. Uni Emirat Arab

Ternyata Arab hanya ada di peringkat ke-6 sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Negara yang masuk sebagai anggota OPEC ini mampu memproduksi 3,23 juta barel minyak per harinya.

5. Kanada

Satu lagi, negara dari Benua Amerika yang memproduksi banyak minyak bumi. Negara di Amerika Utara ini mampu memproduksi 4.07 juta barel minyak per harinya. Negara ini juga bukan anggota APEC.

4. China

China selalu masuk dalam peringkat apa pun yang “ter” di dunia bahkan termasuk juga penghasil minyak terbanyak. Per harinya negara ini mampu memproduksi 4,46 juta barel minyak.

3. Rusia

Negara perbatasan Asia dan Eropa ini mampu memproduksi 10.53 juta barel per hari. Selisihnya dengan peringkat ke-4 sangat jauh, 2 kali lipatnya.

2. Arab Saudi

Sudah pasti Arab Saudi masuk peringkat ini tapi ternyata bukan yang pertama. Negara anggota OPEC ini mampu menghasilkan sebanyak 11,59 juta barel minyak per harinya.

1. Amerika Serikat

Ternyata, posisi nomor satu dalam hal menghasilkan minyak terbanyak adalah Amerika Serikat. Negara yang bukan anggota OPEC ini per harinya mampu menghasilkan 12,31 juta barel minyak.

Itu dia daftar 10 negara penghasil minyak terbesar di dunia yang mayoritas memang negara yang maju. Oleh karena minyak bumi sangat diperlukan dan penting untuk seluruh negara, dan orang di dunia makanya negara-negara penghasil minyak bumi terbanyak selalu mampu membuat negaranya tidak pernah kekurangan dalam hal ekonomi.

10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5