10 Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di DuniaMinyak sangat dibutuhkan sekali untuk memasak. Salah satu jenis minyak yang paling banyak digunakan adalah minyak kelapa sawit. Dari 152 negara, terdapat 10 negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Dimana saja? Artikel ini akan membahasnya.

Dengan banyaknya produksi minyak sawit, artinya terdapat banyak tanaman kelapa sawit yang tumbuh. Hampir mustahil jika sebuah negara tidak punya tumbuhan ini. Di pasar dunia, minyak ini komoditas yang penting sekali.

10 Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia

Dari ribuan tahun yang lalu, memang sudah digunakan. Bedanya minyak kelapa sawit dengan lainnya adalah warnanya yang agak kemerahan. Itu karena ada kandungan beta caroten yang sangat banyak. Minyak ini dihasilkan dari bagian daging buahnya.

Sama seperti kebanyakan hasil alam, 10 negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia juga didominasi oleh negara-negara di Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Tahu siapa yang menjadi “pemenang” dalam daftar ini? Ya, negara Indonesia adalah penghasil minyak sawit atau kelapa sawit terbesar di dunia.

Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia

Kelapa Sawit di Indonesia

Produksi minyak sawit Indonesia per tahunnya mencapai 31,10 juta ton. Negara apa lagi? Ini dia daftarnya dari nomor 2 sampai 10.

  • Negara ini menempati urutan ke-2 dengan jumlah produksi kelapa sawit 19,20 juta ton per tahun. Beda lumayan jauh dengan hasil dari negara Indonesia.
  • Peringkat ke-3 dari Asia Tenggara lagi. Jumlahnya produksinya sangat jauh berbeda dibandingkan hasil di Indonesia, dan Malaysia yang 2 sampai 3 kali lipatnya. Thailand hanya memproduksi 2,18 juta ton.
  • Ini dia negara dari Amerika Serikat yang ada di peringkat ke-4. Jumlah produksi kelapa sawitnya hanya 1,23 juta ton.
  • Negara di Afrika ini masuk ke-5 besar dari 10 negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Jumlah produksinya mencapai 0,93 juta ton.
  • Papua Nugini peringkat ke-6. Negara yang dulunya termasuk wilayah Indonesia ini jumlah produksinya mencapai 0,67 juta ton.
  • Peringkat ke-7 besar ada negara di Benua Amerika juga. Jumlah produksinya mencapai 0,565 juta ton.
  • Negara ini dari Benua Amerika juga. Menyumbangkan 0,43 juta ton minyak sawit. Makanya ada di peringkat ke-8.
  • Cote Divoire peringkat ke-9. Ini adalah nama dari Pantai Gading, negara yang ada di Afrika Barat ini menghasilkan 0,40 juta ton minyak sawit.
  • Lagi-lagi Brazil masuk jajaran 10 besar sebagai penghasil hasil alam terbanyak. Jumlah minyak sawit yang diproduksi oleh negara ini per tahunnya mencapai 0,35 juta ton.

Itu dia daftar 10 negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Indonesia unggul dalam hal ini. Jumlah produksi kelapa sawit dan minyaknya punya selisih yang sangat jauh dengan 9 negara lainnya. Semoga nanti hasilnya lebih baik lagi dan jadi penghasil minyak sawit terbesar yang tidak terkalahkan.

10 Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5