10 Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia – Dalam industri minuman maupun makanan biji kakao sangat penting. Makanya menjadi salah satu komoditas perkebunan yang sangat menguntungkan. Ada 10 negara penghasil kakao terbesar di dunia yang paling banyak mengekspor ke seluruh dunia. Dimana saja negara itu? Artikel ini akan membahasnya. Dulu kakao banyak dihasilkan di negara-negara Amerika Selatan tapi mulai dibudidayakan juga di negara lainnya.

10 Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia

Biji kakao dapat diolah dan menghasilkan cokelat.  Cokelat adalah makanan yang populer sekali di seluruh dunia. Bubuk cokelat dari hasil pengolahan kakao itu akan bisa dijadikan bahan pembuatan susu, es krim, kue, dan lain sebagainya. Inilah dia daftar 10 negara penghasil kakao terbesar di dunia yang jumlah produksinya ratusan ribu ton. Dimulai dari peringkat ke-10 sampai 1.

Negara yang Menghasilkan Kakao Terbesar

10. Republik Dominika

Negara yang ada di Amerika Tengah atau daerah Karibia ini mengawali daftar. Negara ini telah menghasilkan 68.021 ton kakao.

9. Peru

Negara di Amerika Selatan ini memproduksi kakao sebanyak 71.175 ton. Sehingga menempatkannya di posisi ke-9.

8. Meksiko

Cokelat dari Meksiko

Negara ini ada di Benua Amerika juga, tepatnya di Amerika Tengah. Jumlah kakao yang diproduksi negara ini mencapai 82.000 ton. Awalnya, coklat di negara ini digunakan sebagai bahan minuman. Aroma coklat Meksiko sangat berbeda dari coklat lainnya. Karena biasanya ditambah cabai atau kayu manis.

7. Ekuador

Lagi-lagi negara di Amerika masuk dalam daftar penghasil kakao terbesar. Negara di Amerika Selatan ini menghasilkan kakao sebanyak 128.446 ton.

6. Brazil

Negara yang terkenal dengan sepak bolanya ini menghasilkan 256.186 ton kakao. Perbedaannya dengan peringkat 7 lumayan jauh.

5. Kamerun

Sekarang pindah ke Afrika Tengah. Jumlah produksi kakao di peringkat 5 sebagai 10 negara penghasil kakao terbesar di dunia adalag 275 ton.

4. Nigeria

Negara di Afrika Barat ini menduduki peringkat ke-4. Jumlah produksi cokelat di negara ini adalah 367.000 ton. Berbeda banyak dari total produksi kakao di Kamerun.

3. Indonesia

Sekarang beranjak ke peringkat ke-3, dan di sini lah Indonesia berada. Jumlah produksi kakao di Indonesia mencapai 777.500 ton. Perbedaan dengan peringkat ke-4 sangat jauh, dua kali lipat lebih banyak daripada Nigeria.

2. Ghana

Negara di Afrika Barat masuk lagi dalam daftar penghasil kakao terbesar di dunia. Jumlah produksi kakao dari negara ini adalah mencapai 835.466 ton.

1. Pantai Gading

Ini dia rajanya kakao. Jumlah produksi kakao dari negara di Afrika Barat ini mengungguli semua negara di dunia. Jumlahnya punya selisih yang sangat jauh dari semua negara yang disebutkan. Dari Ghana saja hampir dua kali lipatnya. Produksi kakao dari negara ini mencapai 1.448.992 ton.

Itulah dia daftar 10 negara penghasil kakao terbesar di dunia. Mungkinkah Anda ingin mencoba rasakan cokelat dari Pantai Gading?

10 Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5