10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia – Beras adalah bahan makanan pokok dari sejumlah negara. Ada beberapa negara yang terkenal akan produksi berasnya. Di sini akan dibahas mana saja yang masuk daftar 10 negara penghasil beras terbesar di dunia.

Sebagai negara yang makanan pokoknya nasi sudah pasti Indonesia harus masuk daftar 10 negara penghasil beras terbesar di dunia. Apakah iya? Lantas negara mana lagi yang masuk dalam daftar ini? Langsung saja berikut ini adalah daftarnya dari posisi 10 sampai 1. Indonesia urutan berapa ya?

Negara yang Menghasilkan Beras Terbanyak

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

10. Jepang

Inilah negara yang mengawali 10 besar negara penghasil beras terbanyak. Jumlah produksi beras negara ini mencapai 10,5 juta ton, impornya 0,7 juta ton, sementara jumlah ekspornya belum diketahui.

9. Brazil

Jumlah produksi beras negara ini sebesar 12,1 juta ton. Sedangkan jumlah ekspornya 0,8 juta ton, dan impor berasnya sejumlah 0,6 juta ton.

8. Filipina

Negara ini memproduksi beras sebesar 18,9 juta ton sementara jumlah impornya adalah 1,9 juta ton.

7. Myanmar

Lagi-lagi negara dari Asia Tenggara masuk lagi ke daftar 10 negara penghasil beras terbesar di dunia. Jumlah produksi beras Myanmar adalah mencapai 28,9 juta ton. Sementara jumlah ekspor berasnya 0,7 juta ton.

Advertisement

6. Thailand

Jumlah produksi beras Thailand mencapai 34,3 juta ton sementara jumlah ekspornya adalah 11 juta ton. Thailand pernah mengalami krisis beras di karena pemerintah harus mengeluarkan dana subsidi yang banyak. Pada tahun 2017 yang lalu persediaan beras menumpuk sampai 14,7 juta ton. Namun sekarang sudah normal kembali.

5. Vietnam

Beras Vietnam

Produksi beras yang telah dihasilkan negara yang masuk 5 besar penghasil beras terbesar di dunia ini mencapai 45 juta ton. Meski lebih banyak dari Thailand tapi jumlah ekspornya lebih sedikit, hanya 6.5 juta ton.

4. Bangladesh

Jumlah produksi beras dari negara ini adalah sebanyak 52,4 juta ton. Total impor berasnya adalah sebanyak 1,3 juta ton. Sementara jumlah ekspornya belum diketahui.

3. Indonesia

Inilah negara kita, Indonesia masuk ke peringkat ke-3 sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia. Total produksinya mencapai 70,8 juta ton dengan 1 juta ton beras yang diimpor. Namun Indonesia tidak pernah melakukan ekspor beras.

2. India

Total produksi beras dari India adalah 153,8 juta ton. Jumlahnya beda jauh dengan Indonesia. Sementara ekspor beras India sebanyak 11,5 juta ton. Negara ini tidak pernah melakukan impor beras.

1. China

Sebagai rajanya negara Asia rasanya mustahil jika China tidak masuk dalam daftar. Jumlah produksi beras dari negara ini mencapai 206,5 juta ton. Dengan jumlah ekspor sebanyak 0,4 juta ton dan impor sebanyak 2,5 juta ton. Makanya ada di peringkat pertama.

Itulah dia daftar 10 negara penghasil beras terbesar di dunia.

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5