10 Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia – Batu bara merupakan bahan bakar yang sangat berharga. Batu bara berasal dari endapat organik. Indonesia termasuk ke salah satu dari 10 negara penghasil batubara terbesar di dunia. Selain itu negara apa lagi yang masuk daftar ini? Artikel ini akan membahasnya.

Di Indonesia, bisnis batu bara sangat menjanjikan sehingga banyak dijadikan peluang bisnis. Begitu juga dengan beberapa negara di dunia. Apa saja negara yang masuk pada daftar ini? Langsung saja berikut ini daftar 10 negara penghasil batubara terbesar di dunia dari peringkat ke-1 sampai 10.

10 Negara Penghasil Batubara Terbesar di DuniaNegara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

1. China

Bukan rahasia lagi bahwa China banyak menghasilkan produk, baik produk buatan atau alami. China ada di peringkat pertama sebagai penghasil batu bara terbesar. Peringkat ini sudah 3 dekade dimiliki China. Jumlah produksinya mencapai 3,7 milyar ton.

2. Amerika Serikat

Sudah sewajarnya Amerika masuk dalam kategori ini karena memang mereka negara yang punya banyak kekuatan. Jumlah batu bara yang dihasilkan dari negara ini adalah 922 metrik ton, itu pun pada tahun 2012.

3. India

Dalam segala sektor India memang sudah sangat berkembang sampai bisa menjadi salah satu negara yang menghasilkan batubara paling banyak. 68 persen tenaga listrik yang digunakan di negara ini menggunakan batu bara. Ada empat daerah yang menjadi penghasil terbanyak.

4. Australia

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika negara ini menjadi salah satu dari 10 negara penghasil batubara terbesar di dunia. Jumlah batu bara yang telah diproduksi mencapai 423 metrik ton. Namun sebanyak 90 persennya diekspor.

5. Indonesia

Batubara di Indonesia

Inilah dia urutan negara Indonesia, ada di posisi ke-5. Batu bara yang dihasilkan oleh negara ini mencapai 5,5 milyar ton. Produksi tersebut digunakan untuk tenaga listrik sebanyak 44 persennya. Kalimantan adalah pusat produksi batu bara.

6. Rusia

Beralih ke peringkat 6. Rusia berada di peringkat ini dengan total produksi batu bara mencapai  354,8 metrik ton.

7. Afrika Selatan

280 metrik ton batu bara telah diproduksi oleh Afrika Selatan. Banyak hasil batu bara yang diekspor ke berbagai negara di Asia juga Eropa.

8. Jerman

Negara di Eropa ini sudah menghasilkan 196,2 metrik ton batu bara. Meski banyak tapi ternyata tidak sebanding dengan total konsumsinya. Konsumsi batu bara negara ini sangat boros sehingga masih membutuhkan impor.

9. Polandia

Produksi batu bara dari negara ini mencapai 144,1 milyar ton. Di Eropa hanya Jerman yang bisa mengalahkan negara ini dalam urusan jumlah produksi batu bara.

10. Kazakhstan

Ini dia peringkat ke-10 sebagai negara penghasil batu bara terbesar. Jumlahnya mencapai 116,6 metrik ton. Provinsi yang menjadi penghasil utamanya adalah Pavlodar, Karaganda, Kostanay.

Itulah dia daftar 10 negara penghasil batubara terbesar di dunia.

Incoming search terms:

  • negara penghasil batu bara
  • negara pengahsil batubara terbesar ke5
  • negara penghasil batubara terbesar di dunia
  • 10 negara penghasil batu bara terbesar
  • negara negara penghasil batubara terbesar didunia
  • negara dnegan potensi batu bara terbesar
  • hasil batu bara di dunia
  • negara penghasil batu bara di dunia
  • negara penghasil batubara pertama adalah negara
  • sebutkan 5 negara penghasil batu bara terbesar di dunia
10 Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5