10 Gua Terbesar di Dunia yang Megah

Gua Terbesar di Dunia yang MegahKata “Gua” diambil dari bahasa Sansekerta “Guha” yang memiliki arti sebuah lubang di dalam tanah. Namun lebih itu beberapa ahli mendefinisikan gua sebagai sebuah ruang yang cukup besar di dalam tanah yang terbenuk atas batuan yang tidak menerima sinar matahari. Di luar itu maka tidak dinamakan gua.

Gua memang sebuah tempat yang berbeda dengan tempat lainnya, hanya segelintir orang yang berkeinginan atau bisa untuk menjamahnya. Hal ini karena jalan di dalam gua terhitung cukup sulit, ruangannya gelap, selain itu entah apa makhluk yang berada di dalmnya. Gua yang besar adalah gua yang dalam. Ada beberapa gua yang kedalamannya dinobatkan sebagai gua terbesar di dunia. Berikut ini adalah beberapa gua terbesar di dunia.

gua

Advertisement

Gua Terbesar di Dunia yang Megah

  • Gua Sima de La Cornisa- 1506 meter. Gua terbesar di dunia ini terletak di daeah pegunungan Picos de Europa, Spanyol. Menurut mereka yang memiliki hobi mengeksplor gua kedalaman gua ini sangat menakjubkan. Kedalaman 1sekitar 1506 meter yang dimikinya membuat gua ini dinobatkan sebagai salah satu gua terbesar di dunia.
  • Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina-1508 meter. Georgia memiliki kurang lebih 400 gua yang memiliki ukuran tidak dapat dikatakan kecil. Gua yang paling terkenal dengan kedalamannya adalah sebuah gua bernama Shakta Vjacheslav Pantjukhina dengan kedalaman 1508 meter yang berlokasi di Caucasus Barat.
  • Gua Cehi1518 Meter. Gua terbesar di dunia berikutnya disandang oleh Gua Cehi dengan kedalaman 1518 meter. Gua terbesar ini berlokasi di Slovenia. Gua ini juga merupakan gua terdalam di negara tersebut. Dalam banget ya guys, tidak terbayang bagaimana gelap dan terjal jalan untuk menyusuri gua yang satu ini.
  • Gua Sarma-1542 meter. Seperti gua sebelumnya, gua ini juga keberadaannya di negara Georgia. Menurut mereka para pemilik misi menaklukkan gua, gua ini memiliki kedalaman mencapai 1542 meter. Namun penelusuran terhadap gua yang satu ini masih terus dilakukan oleh para Tidak menutup kemungkinan kini dalam dari gua yang satu ini sudah bertambah.
  • Gua Tolca Del Cerro del Cuevon- 1589 meter. Gua Tolca Del Cerro del Cuevon merupakan sebuah gua yang berlokasi di negara Spanyol dengan kedalaman mencapai 1589 meter, dalam banget ya guys. Gua ini sangat cocok untuk Kamu yang suka dengan petualangan, karena lokasi untuk menuju salah satu gua terbesar di dunia yang berlekasi di negara Carolina Marin ini sangat sulit guys. Jadi Kamu mendapat double tantangan untuk menaklukan gua ini, jalan menuju gua, serta jalan menjamah kegelapan dan kedalaman gua. Jika Kamu berhasil menaklukannya dijamin deh Kamu akan memdapat kepuasan yang double juga.
  • Gua Reseau Jean Bernard-1602 meter. Gua terbesar di dunia berikutnya dalah gua Reseau Jean Bernard  yang berlokasi di Pegunungan Alpen, Samoens, Perancis dengan kedalaman mencapai 1602 meter. Gua tersebut baru ditemukan pada tahun 1959. Namu gua tersebut disandarkan kepada nama orang yang meneliti gua tersebut bernama Jean Dupont and Bernard Raffy. Gua terbesar di dunia yang dikabarkan memiliki 8 pintu masuk itu hingga sekarang penelusuran pun masih terus dilakukan. Gua ini juga pernah menyandang rekor gua terdalam di dunia hingga tagun 1980. Namun sejak tahun itu, posisi pertama sudah tergeser seiring dengan ditemukannya gua lain yang lebih dalam. Walaupun demikian, gua ini masih diakui sebagai gua terbesar di dunia walaupun kini posisinya sudah bergeser dari posisi pertama.
  • Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen – 1631 meter. Gua terbesar di dunia berikutnya adalah Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen. Gua yang berlokasi di Austria ini memang keberadaannya sudah diketahui beberapa abad silam. Gua ini sebagai penghubung anataraLamprechtsofen dan Vogelschacht dengan kedalaman menakjubkan 1631 meter. Namun taksiran angka itu besar peuangnya untuk bertambah karena penelusuran belum selesai dilakukan, masih ada beberapa bagian gua yang belum tereksplor. Selain gua inimenarik karena kedalamannya yang di luar gua-gua lainnya, gua ini pun menarik karena masyarakat setempat menganggap gua ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan harta karun ksatria muda bernama Lamprecht. Hal ini pula mengundang para pencari harta karun untuk mngeksplor lebih gua ini. tak ayal hal ini pun menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian gua, sehingga salah satu gua terbesar di dunia ini pun ditutup dari pengunjung untuk sementara waktu.
  • Gua Gouffre Mirolda – 1733 meter.  Keberadaan salah satu gua terbesar di dunia ini adalah di negara Prancis dengan kedalaman mencapai 1733 meter. Tahun 2003 silam dilakukan sebuah ekspedisi untuk menelusi kedalaman gua ini. dalam ekspedisi ini pun menghasilkan sebuah jalur yang terhubung denganLucien Coudlier. Gua ini pula merupakan gua pertama di dunia yang pernah dijelajahi sejauh 1 km di bawahnya.
  • Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo – 1752 meter. Sebagaimana sudah dijelaskan di atas bahwa Georgia terkenal dengan guanya yang memiliki ukuran luar biasa. Gua tebesar di dunia ini pula terdapat di Caucasus Barat, Georgia. Nyatanya gua ini adalah emang dua gua yang menjadi satu,yang pertama Illuzia dan yang kedua snezhnaja dengan kedalaman yang dimilikinya mencapai 1752 meter.
  • Gua Krubera – 2190 Meter.  Gua dengan nama lain gua Voronja ini merupakan gua terdalam atau terbesar di dunia dengan kedalaman mencapai 2190 meter. Lagi-lagi gua terdalam yang satu ini juga terdapat di Caucasus Barat, Georgia. Hingga kini eksplorasi terhadap hua terbesar ini masih terus dilakukan dengan maksud untuk mengetahui kondisi dalam gua. Nama gua Krubera disandarkan pada seorang ahli gua bernama Alexander Kruber yang menyandang gelar geografis Rusia.

Baca juga ; Pulau yang Menakjubkan di Dunia Bikin Kita Pengen Kesana

Demikian ulasan mengenai beberapa gua terbesar di dunia.

 

10 Gua Terbesar di Dunia yang Megah | Ira Nurhasanah | 4.5