10 Danau Terbesar di Indonesia dan Letaknya

10 Danau Terbesar di Indonesia dan Letaknya – Danau adalah sejumlah air yang terakumulasi disuatu tempat yang cukup luas atau cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air. Danau dibagi menajdi dua danau alami dan buatan. Danau alami terbentuk karena proses alam sedangkan danau buatan adalah danau yang sengaja dibuat oleh manusia.

Danau di Indonesai mempunyai banyak manfaat  antara lain sumber air, irigasi, transportasi, pembangkit listrik tenaga air, objek wisata, sarana olah raga maupun pengendalian banjir. Indonesai sendiri memiliki sekitar 100 danau alami maupun buatan.  Beberapa danau di Indonesia memiliki ukuran yang sangat besar daripada yang lainnya. Inilah beberapa danau terbesar di Indonesia.

  1. Danau Toba

Siapa yang tidak tahu cerita rakyat asal muasal Danau Toba? Cerita rakyat ini sangat terkenal dan sering kali diceritakan pada anak – anak kecil Indonesia dari generasi ke generasi.  Jadi, sudah pasti banyak orang Indonesia yang tahu tentang danau yang satu ini.

Danau Toba merupakan danau yang paling terkenal dan terbesar di Indonesia. Danau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ukuran luas 1.130 km2. Danau ini memiliki kedalaman 529 m. Danau ini merupakan danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanisme atau gunung berapi.

danau toba

  1. Danau Towuti

Danau berikutnya terletak di Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Timu, Kecamatan Towuti. Sesuai nama daerahnya danau ini diberi nama Danau Towuti. Ukuran luas danau ini adalah 561,1 km2 dengan kedalaman 203 m.

Danau Towuti masuk kedalam kawasan Wisata Alam Danau Towuti yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Danau ini merupakan danau tektonik yaitu  danau yang terbentuk akibat terjadinya penurunan muka bumi karena pergeseran/patahan

Danau Towuti

  1. Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terbesar berikutnya. Danau yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki ukuran luas 323,2 km2 dan kedalaman 450 m. Sama seperti Danau Towuti danau ini termasuk danau tektonik. Danau ini merupakan kawasan objek wisata setempat dimana tersedia banyak fasilitas penunjang untuk wisatawan dari hotel maupun rumah makan.

Danau Poso

  1. Danau Sentarum

Danau Sentarum mempunyai ukuran luas 275 km2. Kedalamannya hanya sekitar 8 m berbeda jauh dari danau – danau sebelumnya. Danau yang berada di Kalimantan Barat ini masuk sebagai taman nasional sejak tahun 1999. Danau ini termasuk danau Floodplain yaitu danau yang terbentuk akibat sungai-sungai yang banjir dan menutupi daratan yang pada umumnya adalah lumpur dan pasir.

Advertisement

Danau Sentarum

  1. Danau Matano

Ukuran luas danau ini adalah 164,1 km² danau ini lebih dalam daripada Danau Toba. Kedalaman maksimum dari danau ini adalah 590 m. Danau ini termasuk Taman Wisata Alam di Provinsi Sulawesi Selatan. Termasuk salah satu danau tektonik di Indonesia.

Danau Matano

  1. Danau Jempang

Danau Jempang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Salah satu danau terbesar di Indonesia ini berukuran luas 150 km² dengan kedalaman 6 m jauh lebih dangkal dari danau Sentarum. Merupakan danau Floodplain sama seperti Danau Sentarum.

Danau Jempang

  1. Danau Paniai

Danau berikutnya adalah Danau Paniai yang terletak di Provinsi Papua tepatnya di Kabupaten Paniai. Ukuran luasnya 145 km². Merupakan danau tektonik dengan kedalaman 50 m.

Danau Paniai

  1. Danau Rombebai

Masih dari Provinsi Papua ada danau Rombebai dengan luas  137,49 km2. Berbeda dari Danau Paniai danau ini termasuk danau yang terbentuk akibat sungai-sungai yang banjir dan menutupi daratan yang pada umumnya adalah lumpur dan pasir (Floodplain).

Danau Rombebai

  1. Danau Tempe

Nama danau yang satu ini sama seperti makanan di Indonesia yang terbuat dari kedelai. Danau Tempe merupakan danau tektonik yang berada di kawasan Provinsi Sulawesi Selatan.  Danau inimemiliki kedalaman yang paling rendah dari danau – danau yang disebutkan sebelumnya yaitu 5m. Luas danau ini sendiri adalah 130 km2.

Danau Tempe

  1. Danau Semayang

Yang terakhir adalah Danau Semayang Kalimantan Timur. Luas danau 130 km2 dengan kedalaman 6 m. Danau ini merupakan danau Floodplain.

Danau semayang

 

Itulah 10 danau terbesar di Indonesia. Kebanyakan danau tersebut ada di Provinsi Sulawesi. Tertarik untuk berkunjung dan menikmati keindahannya?

Incoming search terms:

  • danau terbesar di indonesia
  • danau di indonesia
  • danau terluas di Indonesia
  • danau terbesar indonesia
  • 10 danau terbesar di indonesia
  • Danau terbesar di indonesia adalah
  • Danau terbesar diindonesia
  • Danau terbesar
  • danau yang ada di indonesia
  • 10 danau terluas di indonesia
10 Danau Terbesar di Indonesia dan Letaknya | Riris Rukma | 4.5