10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia – Bahasa adalah hal yang sangat penting karena dengannya kita bisa berkomunikasi, dan mengetahui berbagai hal. Bagaimana jika kita tidak punya bahasa, mungkin tidak akan pernah bisa bicara? Di dunia ini ada begitu banyak bahasa, di Indonesia pun ada ratusan. Lantas apa saja 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia? Apa bahasa Indonesia ada?

Ada sekitar 6,912 bahasa yang ada di dunia, dari semua itu ternyata ada 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Apa saja? Artikel ini akan membahasnya dari yang posisi 1 sampai 10.

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa Paling Banyak Digunakan Di Dunia

1. Bahasa Mandarin

Jika Anda menganggap bahasa Inggris yang banyak digunakan karena bahasa internasional maka Anda salah. Oleh karena diperingkat pertama ada bahasa Mandarin. Jumlah orang yang berkomunikasi dengan bahasa ini ada 1,5 milyar jiwa. Jelas saja karena China punya jumlah penduduk terbanyak di dunia.

2. Bahasa Inggris

Di peringkat dua baru ada bahasa Inggris. Bahasa ini memang paling banyak digunakan sebagai bahasa resmi di berbagai negara. Ada 53 negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Jumlah penuturnya masih jauh lebih sedikit, dengan selisih 1 milyar. Bahasa Inggris hanya digunakan 500 juta jiwa.

3. Bahasa Hindi

Hindi adalah bahasa orang India. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya tidak ada bahasa nasional resmi dari negara ini. India juga mengakui bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Jadi ada dua bahasa resmi? Begitulah. Jumlah penuturnya ada 497 juta jiwa.

4. Bahasa Spanyol

Spanyol adalah penjelajah yang pada abad ke-16 sampai 17 sering singgah bahkan menjajah berbagai negara. Makanya banyak pengaruh bahasa bangsa ini. Jumlah penuturnya ada sekitar 400 juta jiwa.

5. Bahasa Arab

Ini salah satu bahasa paling tua di dunia. Banyak kosakata bahasa Eropa, terutama Portugis dan Spanyol yang mengambil dari bahasa Arab. Jumlah penuturnya sekitar 300 juta orang.

6. Bahasa Rusia

Ada sekitar 278 juta jiwa penuturnya, dan 5 negara menggunakannya sebagai bahasa resmi.

7. Bahasa Melayu

Bahasa Melayu

Dalam bahasa ini termasuk juga bahasa Indonesia. Bahasa Melayu banyak digunakan di Malaysia, Brunei, dan sebagian kecil di Singapura, Thailand, Timor Timur, dan Vietnam. Ada 259 juta orang yang menggunakannya.

8. Bahasa Portugis

Memang negaranya kecil tapi pada abad 15 sering menjelajah ke berbagai belahan dunia. Jumlah penuturnya adalah 240 juta jiwa.

9. Bahasa Bengali

Ini adalah bahasa dari negara Bangladesh juga India. Jumlah penuturnya ada 230 juta jiwa. Memang wilayahnya kecil tapi penduduknya lumayan banyak.

10. Bahasa Perancis

Inilah bahasa terakhir yang ada di urutan 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Termasuk dalam salah satu bahasa resmi PBB, bersanding dengan bahasa Mandarin, Inggris, Rusia, Arab, dan Spanyol. Jumlah penuturnya ada 200 juta jiwa.

Itu dia apa saja bahasa yang banyak digunakan.

Incoming search terms:

  • mata uang terbesar dan kecil di dunia
10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia | Khisma Nisa Yuniar | 4.5